free html hit counter

Dukung Menteri Susi Tenggelamkan Kapal: Timbulkan Efek Jera!

BeritaBintang –  Dukung Menteri Susi Tenggelamkan Kapal: Timbulkan Efek Jera!

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghentikan aksinya menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan. Pasalnya, menurut Luhut aksi penenggelaman kapal sudah cukup dilakukan selama tiga tahun saja.

Meski begitu, untuk kapal-kapal yang melanggar, pihaknya akan tetap kenakan sanksi tegas. Adapun sanksi yang dimaksud adalah dengan diberikan sanksi berupa penyitaan kapal.

Lalu, bagaimana dampak yang Indonesia dapatkan dari sisi ekonomi dan psikologis?

Menurut Komisioner Ombudsman Republik Indonesia Laode Ida, Indonesia khususnya rakyat kecil tidak akan menerima dampak ekonomi. “Kalaupun dilakukan, jika sudah dibuat aturannya, maka akan bisa saja,” ungkapnya kepada Judi Poker.

[Baca Juga -“Pria di Thailand Ramai-Ramai Putihkan Penis“]

Sedangkan dari sisi psikologis, lanjut Laode, akan berdampak jera terutama bagi pelaku dan pemilik kapal itu sendiri. “Kalau dampak psikologisnya justru berefek jera ya. Apalagi ditambah dengan sanksi hukum bagi pelaku dan atau pemilik kapal itu,” tambah Laode.

Sebelumnya, Laode mengatakan bahwa aksi penenggelaman kapal tersebut harus berdasarkan hukum, jika tidak maka pemerintah akan bertindak secara sewenang-wenang. “Dan akan merugikan sekaligus melanggar hak ekonomi orang lain,” jelas dia.

Selain itu, pemerintah terutama Kementerian Perikanan dan Kelautan harus melakukan diskusi mengenai aksi tersebut bersama dengan pemilik kapal-kapal tersebut. “Pada saat itu bisa langsung buat kesepakatan tentang sanksi yang harus diberikan jika melanggar aturan. Sekaligus meminta bos-bos mereka untuk berbicara langsung secara persua.