free html hit counter

Dubsmash, Meme Versi Video yang Mendadak Populer

BeritaBintang – Dubsmash, sebuah aplikasi mobile tengah digandrungi oleh banyak orang karena memberikan sentuhan hiburan berbeda. Aplikasi ini membuat para penggunanya meniru suara atau lipsync klip audio yang ada di dalamnya dengan cara merekam ekspresi muka. Ini adalah meme versi video.

Diluncurkan pada November 2014 lalu, Dubsmash mendadak populer secara viral dalam skala global.

Di dalam Dubsmash, ada tiga kategori channel, yaitu Trending, Discover, dan My Sounds. Khusus di channel Trending, ada berbagai kategori bawaan sesuai temanya.

Contoh, kategori Superheroes and Villains menyajikan berbagai klip suara yang ada di dalam film Star Wars, Harry Potter, Batman, Iron Man, hingga Joker. Adapun kategori Love penuh dengan penggalan lagu cinta.

Sementara di channel Disover, pengguna bisa mencari klip suara yang berbeda dari Trending. Nah, channel My Sounds ini berguna untuk para pengguna yang ingin mengunggah klip suara sendiri.

Ketika kita mengklik salah satu klip suara, aplikasi langsung mengarahkan ke kamera depan ponsel pintar untuk melakukan rekaman lipsync. Bisa juga menggunakan kamera belakang ponsel, namun biasanya orang-orang lebih sering pakai kamera depan.

Setelah rekaman selesai, kita bisa menyimpan video itu atau langsung memamerkannya melalui pesan instan WhatsApp dan Facebook Messenger. Kini, pengguna Instagram pun berbondong-bondong ‘menyampahi’ laman mereka dengan rekaman Dubsmash.

Di Instagram sendiri, pencarian dengan tanda pagar #dubsmash bisa mencapai hasil sebanyak dua juta video.

Dubsmash sendiri adalah hasil rakitan trio pengembang asal Jerman. Mereka adalah Jonas Drüppel, Roland Grenke dan Daniel Taschik. Aplikasi ini diproduksi oleh perusahaan mereka sendiri yang berbasis di Berlin, Mobile Motion GmbH.

Satu hal yang dinilai ‘mengganggu’ dari aplikasi ini, yakni masalah hak cipta. Kebanyakan klip suara di Dubsmash seperti klip film, segmen lagu, dan konten audio dari orang lain sifatnya tidak berlisensi.

Mengutip situs Nonton Online, hal tersebut nantinya diyakini bakal dibahas di masa depan. Muncul kemungkinan bahwa si pemegang lisensi bakal bekerja dengan aplikasi ini untuk mengolahnya menjadi uang.

Dubsmash dilaporkan memperoleh total unduh lebih dari 50 juta kali melalui perangkat iOS dan Android dengan jumlah pengguna tersebar di 192 negara.

Penyanyi Jennifer Lopez dan aktor Hugh Jackman ikut mengunggah video Dubsmash ke dalam akun Instagramnya.