free html hit counter

Donasikan Komputer Apple 1, Nenek Misterius Mendadak Kaya

BeritaBintang – Donasikan Komputer Langka, Nenek Misterius Mendadak Kaya.

Seorang nenek misterius mendonasikan komputer Apple 1 yang sangat langka dan sangat mahal harganya ke perusahaan daur ulang CleanBayArea di Silicon Valley, California. Setelah menyumbangkan komputer itu, kini cek bernilai US$ 100 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliar menantinya.

Uang itu merupakan hasil lelang tertutup yang digelar CleanBayArea. Komputer itu sudah terjual seharga US$ 200 ribu atau setara Rp 2,6 miliar. Perusahaan tersebut punya kebijakan untuk membagi dua hasil lelang dengan orang yang mendonasikan perangkat tersebut.

Sekarang CleanBayArea sedang berupaya melacak wanita yang diyakini berusia 60-an itu. Diketahui, ia mendonasikan sejumlah barang elektronik pada April lalu setelah suaminya meninggal dunia.

Di dalam salah satu kotak, ‘tertimbun’ perangkat komputer Apple 1 yang diproduksi tahun 1976 silam.

Apple 1 dikenal sebagai produk yang mengubah wajah industri komputer. Ia dirakit sendiri dengan tangan Steve Wozniak, yang bersama Steve Jobs turut mendirikan Apple. Apple 1 kala itu diproduksi dalam jumlah terbatas.

“Perangkat itu terbuat dari kayu. Saya belum pernah melihat hal seperti itu. Reaksi pertama saya saat melihatnya, saya yakin itu barang palsu. Dan kami langsung mengeceknya,” ujar Vice President of Marketing CleanBayArea, Victor Gichun.

Mengutip bintangbola, Gichun menolak untuk mengungkapkan identitas siapa yang membeli Apple 1. Yang jelas ia adalah kolektor perangkat Apple.

Gichun mengatakan, ia akan menemukan wanita misterius itu dalam waktu dekat yang ia yakini sebagai warga lokal.

Komputer yang didonasikan si nenek ini dianggap sebagai salah satu komputer Apple 1 tahap pertama yang dibeli sebanyak 50 unit oleh Paul Terrell, untuk dijual di toko miliknya, Byte Shop, dengan harga US$ 666,66. Setelah kesuksesan awal ini, Jobs dan Wozniak memproduksi lagi 150 unit Apple 1 dan menjualnya kepada teman-teman serta vendor lain.