free html hit counter

Donald Glover Berkah dari Video Viral

Berita BintangDonald Glover Berkah dari Video Viral

NAMANYA melambung dan jadi pembicaraan di mana-mana berkat video klipnya yang fenomenal dan penuh simbol, This Is America.

Tak hanya sudah ditonton hingga 167 juta kali di YouTube dalam waktu dua minggu, juga membuat penjualan albumnya meningkat hingga ratusan persen. Donald McKinley Glover Jr atau dikenal dengan nama alter ego Childish Gambino memang tengah menuai popularitas.

Nama aktor, penulis, sutradara, musisi, DJ, produser, dan komedian ini kini tengah berada di posisi jawara di berbagai tangga lagu dengan This Is America. Ini adalah lagu pertamanya yang berhasil duduk di posisi teratas dalam Billboard Hot 100.

Billboard melaporkan, kesuksesan single tersebut membuat tiga album Glover sebelumnya, yaitu “Camp” (2011), “Because the Internet” (2013), dan “Awaken, My Love!” (2016) diburu banyak orang untuk dibeli. Ini membuat angka penjualan albumalbumnya tersebut naik lagi secara mengejutkan, yaitu hingga 419 persen hingga awal Mei lalu di Amerika Serikat.

Sementara This Is America sudah terjual hingga 11.000 kopi dan terus merangkak naik. Tak hanya lagunya yang men jadi topik panas karena berada di puncak, tapi video musiknya juga menjadi fenomena tersendiri. Video yang disutradarai Hiro Murai ini langsung menjadi video musik dengan debut minggu pertama terbesar YouTube sepanjang tahun ini.

Dikutip Judi Bola Online, mencatat video klip berdurasi empat menit ini telah ditonton lebih dari 110 juta kali dalam sembilan hari pertama. Secara internasional, lagu ini berada di posisi puncak iTunes di 45 tempat, serta menduduki posisi 5 besar di 63 tempat.

Dikutip National Public Radio, video Glover disebut sebagai “penembak jitu” untuk isu-isu terdepan di benak banyak orang belakangan ini. Melalui video musiknya, selebritas yang namanya masuk dalam daftar 100 Orang Paling Berpengaruh tahun 2017 versi majalah Time ini menyampaikan pesan secara tegas, jelas, tapi tetap indah.

Lagu ini juga dirilis pada waktu yang tepat, yakni di acara Saturday Night Live (SNL) pada 5 Mei lalu. Penampilannya juga menjadi semacam pemanasan untuk musim kedua dari serial Atlanta yang dibintanginya, juga untuk perannya dalam film Solo: A Star Wars Story yang kini tengah tayang di bioskop Indonesia.

[ Baca Juga – ” Wale Remixes Cardi B’s ‘Bickenhead’ Dengan Freestyle Baru: Dengarkan ” ]

Potret fenomena sosial
Lantas apa sebenarnya yang istimewa dari video klip This Is America? Dikutip The Washington Post, penyanyi kelahiran California, 25 September 1983 itu disebut menyindir segala fenomena sosial yang tengah terjadi di Amerika Serikat, dan sesungguhnya juga terjadi di negara lainnya dalam bentuk yang berbeda. Semua ejekannya itu dibuat dalam bentuk simbol-simbol.

Seperti diskriminasi warga kulit hitam, kekerasan, penembakan massal, tapi tetap dengan tampilan penuh humor. Tak heran, berbagai meme yang diambil dari cuplikan adegan dalam video klip tersebut pun bermunculan. Mengingat kemampuannya yang segudang dalam dunia seni; dari komedian, rapper, hingga produser, Glover memang bisa bergerak bebas atas nama profesi apa pun.

Sebelum kehebohan This Is America, Glover sebenarnya sudah banyak membuat sketsa komedi yang juga menjadi viral. Kemampuannya ini kemudian mengarah ke tawaran pekerjaan menulis di seri komedi 30 Rock ketika dia masih kuliah. Musiknya juga mendulang sukses di internet.

Rekaman mix pertamanya meledak hingga ia dijuluki sebagai “rapper internet” oleh beberapa outlet. Dia tumbuh besar bersama situs web yang dia beri nama dari salah satu albumnya, yakni “Because the Internet” dan terus berbicara tentang cinta dan ketakutannya dalam tiap wawancara.

Dalam banyak hal, internet mendefinisikan kehidupannya. Salah satu hit viral pertamanya yang dinilai cukup kontroversial berjudul Bro Rape: A Newsline Investigative Report telah mengumpulkan lebih dari 11 juta tampilan di YouTube. Sementara lagu Redbon dalam album ketiganya berhasil membuatnya men jadi pemenang Best Traditional R&B Per formance pada Grammy Awards 2018.

Sementara dalam dunia film dan televisi, Glover lewat Atlanta telah memenangi Primetime Emmy Awards untuk Outstanding Lead Actor in a Comedy Series dan Outstanding Directing for a Comedy Series, Best Television Series-Musical or Comedy dari Golden Globe Awards, dan Best Actor-Television Series Musical or Comedy dari festival yang sama.

Untuk layar lebar, Glover telah muncul dalam Mystery Team (2009), Magic Mike XXL (2015), The Martian (2015), Spider-Man: Homecoming (2017), dan menjadi pengisi suara Simba dalam film live action The Lion King yang akan tayang tahun depan.