free html hit counter

Dihantam Skandal Emisi, Penjualan VW Gagal Tembus 10 Juta Unit

BeritaBintang –   Volkswagen Group telah merilis hasil penjualan globalnya selama 2015. Penjualan grup yang juga membawahi merek seperti Audi dan Porsche itu turun 2 persen dibanding perolehan pada 2014 menjadi 9,93 juta unit. Ini merupakan penurunan pertama yang dialami VW Group sejak 2002.

Tahun 2014 sendiri merupakan masa kejayaan VW Group karena untuk pertama kalinya produsen mobil yang berbasis di Kota Wolfsburg, Jerman, ini berhasil menjual 10,14 juta unit. Jumlah itu merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah perusahaan tersebut.

Sementara dari beberapa merek yang dibawahinya, brand VW yang paling banyak mengalami penurunan yaitu sebesar 4,8 persen menjadi 5,82 juta unit. Penyebab penurunannya adalah melemahnya kondisi pasar di China dan Amerika Serikat. Dua negara tersebut merupakan pasar terbesar VW di dunia. Penjualan di China sendiri turun 3,4 persen menjadi 3,55 juta unit.

Selain karena kondisi ekonomi, anjloknya penjualan juga disebabkan skandal emisi gas buang mobil diesel yang sempat menghebohkan dunia. Seperti diketahui, kasus ini pertama kali ditemukan di Amerika Serikat.

“Kami harus bisa menangani situasi di pasar global di mana tren semakin bercampur aduk,” ujar Chief Executive Matthias Mueller, seperti dikutip dari Reuters.

Meski begitu, penjualan di Eropa naik 2,5 persen menjadi 3,95 juta unit. Namun, jumlah itu belum cukup untuk membantu mempertahankan penjualan secara global.

Sebenarnya VW sempat berjaya di semester I-2015 dan menyandang gelar sebagai produsen terlaris di dunia. Namun memasuki semester II-2015, penjualannya mulai anjlok. Hal ini salah satunya disebabkan skandal emisi yang menurunkan tingkat kepercayaan konsumen, terutama di AS, terhadap produk VW. Posisi penjualan VW Group pun disusul oleh Toyota Motor.

Tiga besar produsen terlaris di dunia dipegang Toyota, VW, dan General Motors. Namun, Toyota dan GM baru akan merilis hasil penjualan global mereka di akhir Januari.