free html hit counter

Dicurigai Rencanakan Serangan, Malaysia Tangkap Tujuh Militan ISIS

BeritaBintang –    Kepala Polis di Raja Malaysia Inspektur Jenderal Khalid Abu Bakar mengonfirmasi jajarannya berhasil menangkap tujuh orang anggota militan ISIS. Penangkapan dilakukan dalam rangka operasi besar-besaran selama tiga hari yang dimulai sejak Jumat 22 Januari 2016 di seluruh Malaysia.

Operasi dilancarkan di empat negara bagian dalam persiapan menghadapi Konferensi Internasional Deradikalisasi dan Pencegahan Kekerasan Ekstremis yang diadakan pada Senin 25 Januari di mana Malaysia menjadi tuan rumah.

Polisi mengatakan tujuh orang tersebut mendapat perintah langsung dari salah anggota ISIS di Suriah termasuk Bahrun Naim yang menjadi otak serangan bom di kawasan Sarinah, Jakarta pada Kamis 14 Januari.

“Seluruh tersangka merupakan anggota jaringan yang sama dengan mereka yang bertanggung jawab merencanakan teror di lokasi-lokasi strategis di seluruh Malaysia,” ujar Khalid, dilansir Reuters, Minggu (24/1/2016).

Khalid juga menuturkan tujuh anggota militan itu juga mendapatkan perintah dari Muhammad Wanndy Mohamed Jedi yang diketahui bertugas merekrut anggota ISIS asal Malaysia. Penangkapan kali ini menyusul operasi serupa pada 15 Januari usai Negeri Jiran mengumumkan status waspada pasca-bom Sarinah. Seorang terduga ISIS juga ditangkap dalam operasi pekan lalu.

Salah satu dari tujuh orang yang ditangkap bertugas untuk mengumpulkan dan mengalirkan dana kepada warga Malaysia yang akan bergabung dengan ISIS di Suriah. Dana tersebut juga digunakan untuk mendanai serangan teror yang akan dilakukan di Malaysia.

Semua yang ditangkap merupakan pria warga Malaysia dengan rentang usia sekira 26-50 tahun. Polisi berhasil menyita peluru, buku mengenai jihad, bendera ISIS, dan rekaman video propaganda.