free html hit counter

Dibuang Sayang, Makan Cangkang Telur Bisa Memperkuat Tulang dan Otot

BeritaBintang – Dibuang Sayang, Makan Cangkang Telur Bisa Memperkuat Tulang dan Otot

PASTI banyak orang sudah tahu soal manfaat kesehatan putih dan kuning telur. Tapi, sudahkah Anda tahu soal manfaat dari cangkang telur?

Biasanya cangkang telur dibuang ke tempat sampah dan hanya menggunakan isinya saja untuk dikonsumsi. Uniknya, cangkang telur terdiri dari 95 persen kalsium karbonat yang menyediakan sekitar dua gram kalsium.

Cangkang telur ternyata dapat meningkatkan kesehatan tulang dan otot, serta mengurangi rasa sakit akibat osteoporosis. Selain itu, cangkang telur membantu mengurangi masalah seperti sakit maag dan gangguan sistem pencernaan lainnya.

“Cangkang telur dianggap sebagai sumber kalsium yang baik. Hampir dua kali lipat kalsium harian yang terkandung dalam satu cangkang telur,” terang Frida Harju seorang ahli gizi.

[ Baca Juga – Biasa Jalan Kaki Setiap Hari Tingkatkan Kesehatan Otak ]

Namun, untuk mengonsumsi cangkang telur, Anda perlu berhati-hati. Frida menambahkan, cangkang bisa saja terpapar dengan bakteri salmonella. Bila Anda ingin mengonsumsinya, pastikan bahwa cangkang telur yang akan disantap terbebas dari bakteri.

“Anda harus merebusnya terlebih dulu, kemudian keringkan selama satu jam di oven. Tumbuk halus dan bisa digabungkan ke dalam smoothie atau pasta,” jelasnya.

Selain konsumsi cangkang telur, sebetulnya ada asupan lain yang mengandung kalsium untuk mendukung kesehatan tulang. Anda bisa mengonsumsi kubis, brokoli, kacang-kacangan dan berbagai jenis ikan. Demikian dikutip dari laman Netdoctor, Sabtu (29/4/2017).