free html hit counter

Diangkat ke Layar Lebar, Seperti Ini Kisah Mistis Asal Usul ‘Gasing Tengkorak’

BeritaBintangDiangkat ke Layar Lebar, Seperti Ini Kisah Mistis Asal Usul ‘Gasing Tengkorak’

Jelang perilisannya, film “Gasing Tengkorak” mempunyai cerita tersendiri. Cerita mengenai “Gasing Tengkorak” diangkat dari kisah mistik budaya Minang.

Artis Nikita Willy yang berdarah Minang, bersedia bermain horor karena darah yang mengalir dari orangtuanya. Bahkan, saat mendapat tawaran film ini, ibunyalah yang paling antusias mendorong Nikita untuk menyetujui meskipun Nikita mengaku seorang penakut.

Sutradara Jose Poernomo yang juga sempat tinggal lama di Tanah Minang mengaku sangat paham soal “Gasing Tengkorak”. “Permainan ini nggak sembarang dimainkan. Semua orang Minang tahu apa itu ‘Gasing Tengkorak’, seperti di Jawa ada Jailangkung. Diam-diam, ada saja yang memainkannya,” kata Jose Poernomo dalam press rilis yang diterima Bioskop Online.

[ Baca Juga : ” Cucu Jenderal Sudirman Akan Tampil dalam Drama Kolosal pada HUT ke-72 TNI ” ]

Seperti namanya, Gasing tersebut dibuat dari tengkorak manusia. Gasing tersebut dipercaya menjadi perantara untuk mengirimkan teluh pada seseorang. Tak sembarang orang bisa membuat gasing tersebut. “Bagian tengkorak yang digunakan adalah pada bagian dahi, karena dipercaya pada bagian inilah terletak kekuatan magis manusia yang meninggal,” ujar Jose.

Cara memainkan hampir sama dengan gasing pada umumnya. Bedanya akan ada ahli nujum atau dukun yang memantra-mantrai gasing tersebut. Dari apa yang Jose dengar, orang yang kena teluh akan bertindak layaknya orang sakit jiwa.

Orang Minangkabau menyebut seseorang yang sakit karena gasing tengkorak dengan sebutan Si Jundai. Jose yakin permainan tersebut kini tinggal nama. Untuk itu ia tertarik mengangkatnya kembali ke layar lebar. “Kalau sekarang mungkin sudah jadi legenda ya. Agama yang kuat membuat permainan ini tidak banyak diketahui,” katanya lagi.

Sementara itu, “Gasing Tengkorak” dibintangi oleh Nikita Willy, Randy Bragi dan lainnya. Rencananya film tersebut akan tayang dalam waktu dekat, dijadwalkan tanggal 2 November 2017.