free html hit counter

Diam-Diam Tesla Sematkan Perangkat Memori Mirip Kotak Hitam Pesawat

BeritaBintangCALIFORNIA – Mungkin sudah banyak yang tahu fungsi kotak hitam pada pesawat untuk membaca rekaman percakapan pilot sebelum terjadi kecelakaan. Alat sejenis itu rupanya juga terdapat di mobil Tesla.

Seperti dikutip dari TaruhanBolaOnline, perangkat tersebut terintegrasi dengan sistem navigasi dan autopilot pada layar tengah dasbor. Alat ini memungkinkan bagi Tesla untuk mengetahui setiap kondisi yang terjadi selama perjalanan, baik cara berkendara pengemudi hingga perintah penggunaan setiap tombol yang dilakukan pengemudi.

Sebelumnya Tesla pernah dituntut oleh konsumen yang mengklaim kendaraan yang sedang berada dalam posisi autopilot tiba-tiba meningkatkan kecepatan secara otomatis. Akibatnya, mobil mengalami kecelakaan dengan menabrak gedung.

Dari pengaduan yang dilakukan konsumennya, Tesla dengan mudah menyanggah alasan yang diberikan pemilik mobil listriknya dengan menampilkan data pada mobil tersebut. Secara jelas data yang dimiliki Tesla memperlihatkan peningkatan kecepatan justru dilakukan oleh pemilik kendaraan.

Teknologi yang tidak diketahui namanya ini dicipakan untuk mengumpulkan data analisis ketika mobil terjadi kecelakaan. Dari data tersebut bisa diketahui penyebab kecelakaan serta perangkat keamanan apa saja yang tidak bekerja saat kecelakaan terjadi.