free html hit counter

Desa Terdingin di Dunia, Suhu Mencapai -62′ Celcius

BeritaBintangDesa Terdingin di Dunia, Suhu Mencapai -62′ Celcius

Alat pengukur suhu di sebuah desa Siberia terpencil yang dikenal sebagai tempat terdingin di bumi mendadak rusak, saat suhu di wilayah tersebut menembus rekor terdingin awal tahun ini.

Perangkat pengukur suhu publik yang dipasang di Oymyakon, sebagai obyek wisata, tercatat mencapai minus 62 derajat Celcius, sebelum akhirnya rusak minggu ini.

Sementara itu, laporan media Siberian Times melaporkan bahwa beberapa penduduk setempat sempat mencatat suhu di wilayah itu mencapai minus 67 derajat celcius. Angka ini hampir menembus rekor suhu terdingin tahun 1993 lalu yang mencapai minus 67.7 derajat.

[Baca Juga -“Pesawat N219 Buatan Indonesia Diincar Negara Asing“]

Suhu tersebut adalah yang terendah yang pernah tercatat, selain di Antartika. Sebab beberapa waktu lalu, satelit NASA pernah mencatat suhu sedingin minus 94.7 derajat Celcius di Antartika timur pada tahun 2013.

Dilansir dari Casino Online, Oymyakon memiliki 50 penduduk tetap dan nama wilayah itu berarti ‘air yang tidak membeku’. Wilayah tersebut umumnya menjadi perhentian bagi penggembala rusa kutub yang datang untuk menyirami hewan tersebut di musim semi.

Penduduk desa setempat bertahan dalam musim dingin, yang biasanya turun dengan rata-rata minus 50 derajat celcius pada bulan Januari dan Februari, dengan membakar kayu dan batu bara untuk kehangatan.

Desa ini berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut dan memiliki waktu siang hari berkisar antara tiga jam di bulan Desember, sampai 21 jam di musim panas.