free html hit counter

Berita Bintang – Deretan Motor Produksi Indonesia yang Laris di Negeri Orang

Berita BintangDeretan Motor Produksi Indonesia yang Laris di Negeri Orang

Penjualan sepeda motor nasional mengalami peningkatan sepanjang tahun 2018. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan secara wholesale (pabrik ke dealer) kendaraan roda dua selama 12 bulan mencapai 6.383.111 unit.

Jumlah tersebut, naik cukup tinggi , dibanding penjualan motor di 2017 yang hanya mampu mencatatkan angka 5.886.103 unit.

Tak hanya penjualan domestik, ekspor sepeda motor buatan Indonesia ke luar negeri juga mengalami peningkatan dari 392.449 unit sepanjang 2017 menjadi 574.555 unit pada tahun 2018.

Dari total tersebut, tercatat Yamaha mendominasi ekspor dengan persentasi 54,1 persen, kemudian disusul Honda 28,8 persen. Posisi ketiga terdapat Suzuki dengan persentase 8,3 persen.

Urutan keempat serta kelima ditempati produsen otomotif asal India, TVS dengan angka 5,8 persen dan Kawasaki 3 persen.

Meski tak disebutkan secara rinci angka penjualan, AISI menyebut motor ekspor Yamaha di awal tahun 2018 didominasi MX King, NMax, New Soul GT, dan R25.

Sedangkan model terlaris Honda di periode yang sama ialah Sonic 150R, Revo X, Beat ESP, dan CBR 150 R. Khusus Suzuki didominasi tipe Address.

[ Baca Juga Berita Bintang : ” Traveling Sehari di Penang Malaysia, Bisa ke Mana Saja? ” ]

Berburu Motor Lewat Situs Jual Beli Online, Intip Daftar Terlarisnya

Setiap tahun terdapat lebih dari 10 model sepeda motor baru meluncur di Tanah Air. Hal itu dimanfaatkan beberapa konsumen untuk mengganti tunggangan mereka.

Otomatis imbas dari pergantian motor terjadi pada banyaknya stok motor bekas pakai.

Sama seperti model baru, penjualan motor bekas juga didominasi merek dan model tertentu. Menurut Agung Iskandar, Marketing &CTx Director OLX Indonesia, Honda merupakan merek sepeda motor yang banyak dicari konsumen secara online.

“Motor paling banyak dicari masih di segmen matik. Nomor satu itu masih Honda diikuti Yamaha lalu Suzuki, Kawasaki menyusul,” kata Agung, dilansir Agen Bola Terbaik.

Saat disinggung model, Agung menegaskan Vario dan Beat masih menjadi primadona penjualan motor bekas di situs jual beli online OLX hingga saat ini.

“Vario dan Beat itu masih dua yang di atas. Kalau NMax fenomenanya beda. Kelasnya juga beda. Jadi jumlahnya juga beda. Tapi memang NMax termasuk yang paling banyak peminatnya,” ujar Agung.

Khusus model sport, Agung menegaskan Kawasaki Ninja masih menjadi idola. “Memang kalau motor bekas di kelas 250 kan pertama kali itu Ninja, keduanya kalau enggak salah R25. Lalu untuk motor besar Harley Davidson,” ujarnya.