free html hit counter

Derby Bandung Terpanas

BeritaBintangBANDUNG – Musim superketat IndiHome National Basketball League (NBL) Indonesia 2014-2015 kembali hadir di Bandung. Selama lima hari kedepan (25-29 Maret 2015), pecinta basket di Kota Kembang dapat menikmati laga-laga seru liga basket kasta tertinggi tanah air. Dalam seri kesembilan yang akan berlangsung di GOR C-Tra Arena.

Dibandingkan seri kedua Desember lalu, tensi persaingan kali ini (seri kesembilan) jauh lebih memanas. Semua tim bakal all out mengincar kemenangan, demi mengamankan tiket lolos ke Championship Series. Padahal, hanya delapan tiket yang tersedia untuk tampil di babak perebutan gelar Mei nanti.

Seri kesembilan ini juga sekaligus menjadi medan pertempuran panas dua tim asal Kota Kembang, JNE BSC Bandung Utama dan Garuda Kukar Bandung. Keduanya sama-sama bersaing ketat memperebutkan tiket playoff. Bandung Utama untuk sementara di peringkat kelima dengan meraup 40 poin dari 26 laga (14-12). Sedangkan Garuda di urutan ketujuh dengan 38 poin (12-14).

Pada seri kesembilan ini, keduanya akan kembali saling bertemu pada hari Kamis esok. Pertemuan kali ini layak disebut sebagai derby Bandung terpanas dalam sejarah NBL Indonesia. Bandung Utama (sebelum pindah home base ke Bandung masih memakai nama Tonga BSC Jakarta) kini tak bisa dipandang remeh oleh Garuda.

Keduanya telah bertemu dua kali pada musim reguler ini dan sama-sama berbagi kemenangan (1-1). Pada Seri I Jakarta, Garuda menang 67-44. Namun, berhasil dibalas oleh Bandung Utama dengan keunggulan 48-42 pada Seri V Batam. Artinya, satu kemenangan pemungkas akan membuat salah satu tim unggul head to head (2-1).

Saat ini, kondisi Bandung Utama sedang on fire. Di bawah kendali Octaviarro Romely Tamtelahitu, Bandung Utama telah mengemas 14 kemenangan yang sekaligus menjadi rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim yang pernah diraih tim ini sepanjang menjadi kontestan NBL Indonesia.

Tren positif ini, juga diiringi oleh peforma pemain yang mengalami improve. Seperti yang ditampilkan oleh Luke Martinus. Pemain berposisi power forward tersebut, berkontribusi besar dengan menjadi top rebounder bagi Bandung Utama (membukukan total 162 rebound), serta menempati peringkat kedua dalam produktivitas poin (total 196 poin).

”Kami terus berupaya keras agar bertahan di peringkat lima. Dengan semakin banyak mengoleksi kemenangan, kami akan semakin aman di zona playoff. Termasuk memenangkan salah satu pertandingan penting melawan Garuda yang saat ini punya head-to-head 1-1 dengan kami,” ujarnya.

Empat laga berat akan dilakoni Bandung Utama pada seri di rumah sendiri. Selain menghadapi derby Bandung lawan Garuda, Bandung Utama juga dijadwalkan meladeni Hangtuah Sumsel IM pada Rabu (25/3/2015), Stadium Jakarta pada Sabtu 28 Maret 2015, dan M88 Aspac Jakarta pada Minggu 29 Maret 2015.

Garuda juga akan melakoni jadwal neraka di Bandung. Melawan tim-tim papan atas, seperti Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta pada Rabu (25/3/2015), M88 Aspac Jakarta pada Sabtu 28 Maret 2015, dan Satria Muda BritAma Jakarta pada Minggu 29 Maret 2015.

”Kami masih terus menjaga peluang lolos ke Championship Series. Itulah misi yang kami jalankan sekarang. Performa kami memang sempat menurun, tapi kami berhasil membuktikan kebangkitan Garuda pada Seri VIII di Jogjakarta dengan memetik tiga kali kemenangan beruntun. Defense kami semakin solid, semoga tampil di Bandung bisa menjadi tambahan semangat,” ujar Galank Gunawan.