free html hit counter

Dampak Bahaya Olahraga Parkour bagi Jantung

BeritaBintang – PARKOUR adalah salah satu jenis olahraga ekstrim yang menuntut ekstra tenaga. Olahraga ini melibatkan seluruh tubuh seperti melompat jauh, berguling dengan kecepatan lebih.

Saat melakukan olahraga tersebut, kerja jantung kita semakin cepat dan sangat berpengaruh bagi sistem kardiovaskular. Lantas amankah olahraga ini dilakukan?

Dikutip Bioskop168.com, Kamis (28/10/2015), sistem kardiovaskular manusia terdiri dari jantung, paru-paru dan pembuluh darah. Semua itu bertanggung jawab untuk menyediakan oksigen dan aliran darah penting bagi tubuh kita.

Selama melakukan parkour, sistem kardiovaskular akan bekerja keras sehingga membutuhkan oksigen lebih karena banyak menghasilkan limbah. Maka tak heran jika denyut jantung dan tekanan darah meningkat.

Agar tidak membahayakan jantung, para ahli menyarankan kepada pecinta parkour untuk melakukan pelatihan kardiovaskular ekstra agar detak jantung bekerja normal.

American College of Sports Medicine merekomendasikan, orang dewasa melakukan setidaknya 30 menit latihan kardio intens selama lima hari per minggu. Atau Anda juga dapat melakukan latihan itu selama 20 menit dalam waktu tiga hari per minggu.

Olahraga ekstrem ini tidak boleh dilakukan sembarangan tanpa pengawasan dokter. Sebelum Anda memulai latihan, konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan kondisi tubuh yang tetap bugar dan mengurangi risiko gangguan jantung yang fatal.