free html hit counter

Catatan Bencana Kabut Asap yang Pernah Terjadi di Asia Tenggara

BeritaBintang – Ini bukanlah pertama kalinya kebakaran hutan Indonesia menghasilkan bencana kabut asap yang menyebar hingga ke negara-negara tetangganya.

Sebelumnya, sejak 1997, kabut asap akibat kebakaran hutan Indonesia bahkan sudah dikenal sebagai fenomena kabut asap Asia Tenggara oleh dunia.

Disadur dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa bencana kabut asap yang pernah terjadi di Asia Tenggara, yang hampir semuanya disebabkan oleh kebakaran hutan di Indonesia.

– 1997: Kabut asap disebabkan oleh kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera, yang asapnya menyelimuti Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, Vietnam, hingga Filipina.

– 2005: Kabut asap disebabkan oleh kebakaran hutan di Sumatera, yang asapnya menyelimuti Malaysia.

– 2006: Kabut asap disebabkan oleh kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan serta El Niño, yang asapnya menyelimuti Malaysia, Singapura, Thailand, hingga Korea Selatan.

– 2009: Kabut asap disebabkan oleh kebakaran hutan di Sumatera serta El Niño, yang asapnya menyelimuti Malaysia dan Singapura.

– 2013: Kabut asap disebabkan oleh kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan, yang asapnya menyelimuti Malaysia, Singapura, Brunei, dan Thailand.

– 2015: Kabut asap disebabkan oleh kebakaran hutan di Sumatra dan Kalimantan serta El Niño, yang asapnya menyelimuti Malaysia, Singapura, Brunei, dan Thailand.

Tak hanya negara di wilayah Asia Tenggara, tercatat beberapa negara lain seperti Tiongkok pada 2013 dan Rusia pada 2010 juga pernah mengalami bencana kabut asap.

Kabut asap di Tiongkok disebabkan oleh temperatur udara, sedangkan Rusia karena kebakaran hutan di wilayahnya.