free html hit counter

Canggih, Truk Tanpa Setir & Pedal ‘T-Pod’ Siap Beroperasi di Perkotaan

BeritaBintangCanggih, Truk Tanpa Setir & Pedal ‘T-Pod’ Siap Beroperasi di Perkotaan

Beginilah kira-kira wajah alat angkut di masa depan. Bertenaga listrik, tidak ada kabin pengemudi, apalagi setir, pedal gas dan rem, maupun jendela. Truk boks bernama T-Pod ini merupakan buatan sebuah perusahaan Swedia, Einride.

Karena tidak ada setir dan pedal, tentu saja T-Pod bisa berkendara sendiri atau dilengkapi dengan teknologi otonom. Kemudinya bisa juga diambil alih dari jarak jauh dengan menggunakan remot.

Einride memperkenalkan T-Pod pertama kali pada April 2017 dan akan memproduksi sebanyak 200 unit hingga 2020 untuk melayani angkutan barang antara Kota Gothenburg dan Helsingborg, Swedia. Einride mengklaim persiapan sudah mencapai 60 persen untuk mengoperasikan T-Pod antara Gothenburg dan Helsinborg.

Total bobot truk ini adalah 20 ton dengan panjang 7 meter. Baterai 200 kWh-nya dapat melajukan truk hingga jarak 200 kilometer untuk sekali isi ulang. Karena tidak ada kabin pengemudi maka ruang di dalam truk dimanfaatkan untuk mengangkut sebanyak-banyaknya barang.

{ Baca Juga, ” Indahnya Alun-Alun Kota Bandung dari Menara 81 Meter, Persis Lapangan Bola Play Station ” }

T-Pod mampu berkendara sendiri di jalan bebas hambatan. Namun saat melaju di jalan perkotaan, kendali akan diambil alih dengan dikontrol dari jarak jauh menggunakan remot. Bentuk remotnya persis seperti peralatan di kabin mobil. Pengemudinya mengendalikan truk dengan memanfaatkan bantuan visual dari kamera yang dipasang di sekitar truk. Dalam kondisi darurat, pengemudi juga bisa mengambil alih truk saat melaju di jalan bebas hambatan.

“Kami dalam kondisi yang krusial saat ini, bukan hanya urusan Einride, tapi ini menyangkut alat transportasi di masa depan. Memanfaatkan teknologi, kami mampu menciptakan sistem untuk masa depan,” kata CEO Einride, Robert Falck, seperti dikutip dari INDOWINS.CO, Kamis (6/7/2017).

Model produksi pertama T-Pod diharapkan sudah dapat digunakan pada musim gugur tahun ini. Namun bentuk prototipe yang diuji coba belum menggunakan baterai 200 kWh.

Einride bukanlah perusahaan Swedia pertama yang menghadirkan truk berenaga listrik dan berteknologi otonom, pabrikan automotif Volvo sudah memulai pengembangan truk serupa. Bulan lalu, Volvo memperkenalkan truk yang dapat berkendara sendiri. Truk tersebut dapat membantu petani tebu mengangkut hasil panen. Truk juga dapat dioperasikan di lahan pertambangan serta mengangkut sampah.