free html hit counter

Canggih, 9 Mobil Balapan Tanpa Dikemudikan Manusia

BeritaBintangCanggih, 9 Mobil Balapan Tanpa Dikemudikan Manusia

Balapan mobil berteknologi otonom atau Self Racing Cars digelar di California Utara, Amerika Serikat, pada pekan lalu. Tapi, ini bukan balapan profesional dengan agenda rutin, namun sekadar menguji kemampuan dan kecerdasan mobil-mobil itu saat melaju tanpa dikendalikan pengemudi di trek balap.

Para pesertanya adalah mahasiswa dan perusahaan starup. Ada sembilan mobil yang mengikuti balap. Tujuannya sangat sederhana, mampu mengitari dua putaran sirkuit sejauh 3,2 kilometer sampai finis tanpa bertabrakan atau keluar jalur.

Meski mobil-mobil itu bisa melaju sendiri, namun tetap ada orang yang duduk di balik setir untuk mengambil alih kemudi jika ada potensi terjadi kecelakaan.

“Suatu hari Anda akan mampu melihat mesin mengerjakan sendiri sesuatu yang tidak bisa dilakukan manusia,” kata pengelenggara Self Racing Cars, Joshua Schacter, seperti dikutip dari JUDI ONLINE.

{ Baca Juga, ” Pilihan Sepatu yang Cocok Dikenakan dengan Flare Jeans ” }

Menurut dia, hasil balapan ini sangat penting bagi setiap peserta untuk membuat teknologi baru atau mengembangkan produk mereka sehingga bisa lebih canggih lagi.

Pemenang pertamanya adalah perusahaan starup yang bergerak di bidang pemetaan, Point One, yang mampu mengitrari trek tercepat dalam waktu 3 menit dan 37,9 detik. Mobil Point One melaju mulus tanpa dikendalikan sedetik pun oleh manusia.

Mobil-mobil tersebut bisa mengitari sirkuit secara otonom karena dilengkapi radar, lidar, sensor, kamera, GPS, serta perangkat lunak. Sebagian mobil bahkan menggunakan sistem pelacak lokasi untuk mengikuti peta digital, sehingga kendaraan bisa berjalan di treknya. Strategi ini digunakan Point One sehingga bisa memenangkan balapan. Alat pelacak lokasi dianggap lebih memberikan informasi yang detail dibandingkan GPS.