free html hit counter

Butuh 7,5 Juta Euro, Manajemen Rio Jualan Suvenir

BeritaBintang –Manajemen pebalap Formula 1 Indonesia, Rio Haryanto, menilai program dukungan melalui pesan singkat (SMS) ke nomor 7788 masih efektif untuk menutup kekurangan dana kepada Tim Manor Racing.

“Kami belum mendapatkan laporan terkait SMS dukungan itu. Tapi, dukungan melalui SMS itu sudah bagus sekali. Program itu berasal dari Menteri Pemuda dan Olahraga,” kata Ibu sekaligus Manajer Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi Antara di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Indah mengatakan promosi program dukungan untuk Rio melalui pesan singkat itu masih terbatas di sejumlah media jejaring sosial dan belum masif.

“Nanti akan ada SMS massal dari semua operator telekomunikasi yang dikirim ke semua pengguna seluler. Masyarakat yang akan mengirim dukungan untuk Rio hanya perlu membalas SMS itu,” ujarnya.

Manjemen Rio, lanjut Indah, juga telah melakukan upaya lain seperti penjualan suvenir meskipun nilainya tidak signifikan untuk pembayaran kekurangan Rio kepada Manor sebesar 7,5 juta euro.

“Langkah itu hanya tambahan. Dukungan paling berpengaruh yaitu sponsor dari perusahaan swasta atau BUMN, bahkan dari pemerintah,” ujar Indah.

Manajemen Rio telah membayar sebesar 7,5 juta euro kepada tim Formula 1 asal Inggris itu.

“Kami akan terus mencari tambahan untuk menutup kekurangan itu baik dari sponsor maupun dari dukungan SMS,” katanya.

Sebelumnya, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Gatot S. Dewa Broto masyarakat Indonesia lebih banyak memakai media jejaring sosial dibanding pesan singkat sehingga diperkirakan akan mempengaruhi dukungan SMS untuk Rio Haryanto.

“SMS dahulu banyak penggunanya. Kalau sekarang, mungkin kurang efektif,” katanya.

Namun, berapapun jumlah donasi yang terkumpul dari dukungan melalui pesan singkat itu akan disampaikan kepada Manajemen Rio.

Gatot menuturkan bahwa usaha Kemenpora meminta beberapa BUMN berpartisipasi dalam pengumpulan dana untuk Rio belum membuahkan hasil. “Sejumlah BUMN yang kami dekati belum ada respons,” katanya.

Pada Minggu (17/4), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara meluncurkan sistem donasi bantuan untuk Rio Haryanto. Sistem donasi bekerja sama dengan lima operator seluler di Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat, Smartfreen, XL Axiata dan Tri.