free html hit counter

Bus ‘Rumah Berjalan’ Bekas Milik Bangsawan Inggris Akan Dilelang

BeritaBintangLONDON – Sebuah bus dengan interior suasana rumah akan dilelang bulan depan oleh Rumah Lelang Bonhams di Inggris. Bus berusia 80 tahun itu diyakini sebagai rumah berjalan pertama di Inggris.

Ditaksir, bus yang dibangun oleh bangsawan dan mantan petinggi Angkatan Laut Inggris, Captain Dunn, itu akan laku 40 ribu poundsterling atau sekira Rp700 juta.

Dunn sengaja mendatangkan sasis Pontiac Six dari Amerika pada 1935 untuk membangun bus ini. Lalu ia memercayakan pembuatan interior busnya kepada sebuah perusahaan karoseri saat itu.

Setelah rampung, Dunn menggunakannya untuk berkeliling Inggris. Namun sejak ia meninggal pada 1946, bus itu tidak tersentuh lagi.

Desain interiornya benar-benar dibuat mirip seperti suasana rumah. Ada sofa yang bisa ditarik dan dijadikan tempat tidur ganda serta dapur lengkap dengan perabot pendukung, seperti oven, kompor, dan filter air berkapasitas dua liter.

Bahkan, ada toilet kecil di dalamnya. Tidak ada pipa yang artinya kotoran langsung terbuang keluar.

Tentu saja, semua perlengkapan di dalamnya sesuai dengan tren di masa bus ini dibangun. Umumnya bagian interior bus terbuat dari kayu.

Mesinnya menggunakan kapasitas 4 liter yang mampu mengantarkan mobil berlari dengan kecepatan maksimal 90 kilometer per jam. Berdasarkan odometernya, bus ini sudah dipakai menjelajah sejauh 16 ribu km.

Bus 'Rumah Berjalan' Bekas Milik Bangsawan Inggris Akan Dilelang

Bus ‘Rumah Berjalan’ Bekas Milik Bangsawan Inggris Akan Dilelang

Saat menggunakan bus ini menjelajah selatan Inggris pada 1930-an, Dunn sempat mengabadikan perjalanannya bersama keluarga. Salah satu foto menunjukkan Dunn mengalami cacat sehingga terpaksa dibantu menggunakan kursi roda. Dokumen menyebut saat itu ia sedang berbulan madu dengan istrinya.

Pada Perang Dunia II Dunn dievakuasi ke Wales akibat cacat fisik. Ia lalu meninggal pada 1946 karena sakit. Operasional bus ini pun dilanjutkan oleh istrinya. Sejak itu kendaraan ini digunakan untuk berbagai kepentingan termasuk mengangkut para tentara.

Pada 1991, istri Dunn meninggal. Sebelumnya ia sudah memercayakan penasihat keuangannya untuk menjual bus ini seharga 6 ribu poundsterling kepada Ron Sounder, seorang pengusaha mobil caravan. Lalu anak Sounder, Andy, merestorasinya sehingga penampilannya seperti baru lagi. Andy tetap mempertahankan kondisi interior bus tersebut.

Sampai saat ini bus itu masih dipajang di showroom milik keluarganya di Poole, Dorset, dan akan dilelang di ajang Goodwood Revival pada 10 September 2016.