free html hit counter

Bukan karena Menstruasi, Nyeri Payudara Bisa Disebabkan Hal Lain, Kanker Payudara Salah Satunya!

BeritaBintangBukan karena Menstruasi, Nyeri Payudara Bisa Disebabkan Hal Lain, Kanker Payudara Salah Satunya!

NYERI payudara sering dialami oleh perempuan menjelang periode menstruasi. Saat payudara terasa nyeri, tentunya menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Setelah menstruasi, biasanya nyeri payudara akan hilang dan akan kembali datang di bulan berikutnya, begitu seterusnya. Namun ternyata, nyeri di payudara bukan hanya datang menjelang menstruasi. Nyeri di payudara bisa berarti ada masalah besar pada perempuan.

{ Baca Juga, ” Hasil Sesi Latihan Bebas 1 MotoGP 2017 Republik Ceko ” }

Dilansir dari Judi Online, Jumat (4/8/2017), inilah beberapa alasan lain penyebab payudara terasa nyeri;

Obat

Beberapa obat-obatan tertentu bisa menyebabkan nyeri pada payudara. Apabila Anda sedang menggunakan pil kontrasepsi, payudara bisa terasa nyeri sama seperti waktu menjelang menstruasi. Obat lain untuk kesehatan mental seperti antipsikotik dan antidepresan juga menyebabkan nyeri di payudara. Nyeri pada payudara karena mengonsumsi obat tertentu merupakan efek samping yang normal.

Cedera

Di dekat payudara terdapat otot, persendian, dan tulang. Apabila ketiganya mengalami masalah, itu akan membuat rasa sakit di sekitar payudara. Rasa nyeri yang timbul karena menarik otot atau menahan sendi bisa diatasi dengan cara memakai bra yang nyaman dan sesuai ukuran. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, beristirahat, dan mengawasi proses penyembuhannya apakah masih terasa nyeri atau tidak.

Menyusui

Tidak melulu pada perempuan yang akan mengalami menstruasi. Rasa nyeri pada payudara juga bisa timbul pada ibu menyusui. Nyeri payudara ketika sedang menyusui biasanya menjadi pertanda bahwa bayi tidak menyusu dengan benar, mastisis, atau puting susu bermasalah.

Nyeri acak

Terkadang rasa nyeri di payudara datang tanpa sebuah alasan yang pasti. Tentunya hal itu sangat mengganggu kenyamanan. Cara yang bisa Anda lakukan ketika rasa nyeri itu datang adalah memonitornya, tetap waspada, dan jangan mengabaikan rasa nyeri yang berlarut-larut apalagi bila bertambah parah. Kalau perlu Anda bisa mengeceknya ke dokter.

Kanker payudara

Sebenarnya rasa nyeri jarang menjadi pertanda kanker payudara. Namun apabila rasa nyeri timbul bersamaan dengan benjolan keras di payudara yang tidak bergerak, perubahan ukuran di satu atau kedua payudara, puting susu yang mengeluarkan darah, iritasi kulit payudara, timbul ruam di sekitar puting susu, atau puting susu menjadi cekung, Anda harus segera menemui dokter. Karena bisa jadi itu adalah pertanda Anda terkena kanker payudara.