free html hit counter

Bripka Seladi Ingin Bimbing Pengangguran untuk Memilah Sampah

BeritaBintang –  Kesibukannya mengatur lalu lintas dan melayani para pemohon yang hendak membuat surat izin mengemudi (SIM) di bagian ujian praktik tak membuat Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Seladi menjauhi kehidupan sosialnya. Di gudang rongsokannya di Jalan Wahidin Kota Malang, Seladi mengajak beberapa orang yang tidak punya pekerjaan untuk membantu memilah sampah yang dikumpulkannya bersama pekerjanya.

Sistem pembagian hasilnya juga tidak seperti lazimnya di tempat pengepul rongsokan lain. Di tempatnya, para pekerja mendapat uang penuh dari hasilnya memilah sampah, meski dilakukan secara bersama-sama.

“Kalau banyak sampah yang datang, mereka saya ajak memilahnya. Hasil memilah sampah ya saya berikan semuanya, bukan dikumpulkan bersama lalu dibagi bersama. Hasil memilahnya yang diambil sendiri, mereka yang menjual,” kata Seladi, Jumat (20/5/2016).

Ke depan, Seladi berharap masih bisa mengajak mereka yang tidak punya pekerjaan atau pengangguran untuk dibimbing memilah sampah agar bisa menghasilkan uang. Istrinya di rumahnya juga mengolah barang bekas, tetapi khusus botol minuman air mineral yang sudah dipilah Seladi di gudang.

“Di rumah, istri saya yang mengolah sampah botol minuman air mineral. Setelah dibersihkan, ada yang mengambil,” ujarnya.

Selama ini, ungkap Seladi, dirinya tidak pernah mendapat teguran dari atasan, meski memiliki pekerjaan sampingan sebagai pemulung sampah. Ia sudah bisa membagi antara tugasnya menjadi polisi dan mencari sampah untuk menambah pundi-pundi keuangan keluarga.