free html hit counter

“Bola” Pilgub DKI Putaran Kedua Ada di Tangan SBY

BeritaBintang“Bola” Pilgub DKI Putaran Kedua Ada di Tangan SBY

Pilkada DKI dipastikan berlangsung dua putaran dengan tersingkirnya pasangan Agus Yudhoyono-Sylvinana Murni. Pengamat Politik Hendri Satrio mengatakan ada sejumlah kemungkinan yang bisa terjadi, berkaitan dengan kemana suara Agus-Sylvi akan mengalir.

Menurutnya, larinya suara pemilih Agus-Sylvi sebagian besar akan ditentukan oleh sikap Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Setidaknya ada tiga kemungkinan sikap yang akan diambil SBY menghadapi putaran kedua nanti.

“Nah ini sekarang kan jadi opsinya macam-macam, apakah ada opsi Jokowi (Presiden Joko Widodo) berdamai dengan SBY, atau Megawati (Megawati Soekarnoputri, Ketum PDI P) berdamai dengan SBY, misalnya untuk memenangkan Ahok,” kata Hendri, Kamis (16/2/2017).

[Baca Juga –“Penguasa Jangan Bermain Api, Takutlah kepada Rakyat!”]

Opsi kedua, terbuka pula kemungkinan SBY akan merapat ke Koalisi Kartanegara yang dikomandoi Prabowo Subianto sebaga Ketum Partai Gerindra. Kemungkinan ketiga, SBY tidak akan mendukung salah satu paslon tersebut dan berperan sebagai penyeimbang.

“Atau opsi lain lagi, ciri khasnya SBY, ya suara penyeimbang, jadi dia di tengah-tengah saja,” terangnya.

Namun yang jelas, lanjut Hendri, putaran pertama Pilgub DKI yang melelahkan sudah usai dan kini warga Ibu Kota dihadapkan pada pemilihan tahap kedua. Ia memprediksi, ganjalan soal status terdakwa Ahok dan polemik ia diaktifkan kembali menjadi gubernur DKI, masih akan mewarnai jalannya putaran kedua nanti.

“Itu akan menjadi sorotan, kemudian yang kedua, status terdakwanya Ahok, apakah kemudian sidang ini terus dan akhirnya memutuskan bersalah atau tidak, nanti kita saksikan,” tutup Hendri.