free html hit counter

Bertingkah Mencurigakan di Bandara, Remaja Inggris Ditahan

BeritaBintang –Detasemen anti-teror Kepolisian Greater Manchester menahan seorang remaja berusia 18 tahun di Bandara Manchester, Inggris karena dinilai bertingkah mencurigakan. Remaja asal Birmingham itu ditangkap dengan dugaan serangan teror yang berkaitan dengan Suriah.

Penangkapan pada Sabtu 16 April siang waktu setempat itu berhubungan dengan penangkapan seorang pria dan wanita di Bandara Gatwick, London pada awal April. Namun, penangkapan itu belum menunjukkan adanya hubungan dengan teror Paris dan bom Brussels.

“Tidak ada risiko berarti bagi penumpang di Bandara Manchester atau kepada masyarakat luas terkait penangkapan ini. Penangkapan dan investigasi ini tidak ada hubungannya dengan lima teroris yang ditangkap di Birmingham dalam 48 jam terakhir,” bunyi pernyataan kepolisian West Midlands, disitat The Guardian, Minggu (17/4/2016).

Seorang pria 24 tahun dan wanita 20 tahun ditangkap dalam dugaan serangan teror yang berkaitan dengan Suriah pada 4 April. Penangkapan keduanya diduga berkaitan dengan penangkapan Mohammed Abrini yang dituduh terlibat teror Paris dan bom Brussels.

Jejak Abrini ditemukan lewat sidik jarinya di dua rumah yang berhubungan dengan bom Brussels. Dia diketahui mengunjungi Birmingham, London, dan Manchester pada Juli 2015 atau beberapa bulan sebelum serangan teror Paris pada 13 November 2015.

Di seantero Inggris saja, telah terjadi 280 penangkapan yang berhubungan dengan teroris di sepanjang 2015. Sedikitnya 800 orang asal Inggris terbang ke Irak dan Suriah untuk bergabung dengan ISIS. Menurut otoritas Negeri Ratu Elizabeth, sekira setengah dari 800 orang itu telah kembali ke Inggris.