free html hit counter

Berita Bintang – Pariwisata Pulau Sumatera Mendominasi Ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018

Berita BintangPariwisata Pulau Sumatera Mendominasi Ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018

Tahun 2018 ini, tidak terasa gelaran acara Anugerah Pesona Indonesia 2018 sudah memasuki tahun penyelenggaraan yang ketiga. Nah, tepatnya Kamis 22 November 2018, malam penganugerahan Anugerah Pesona Indonesia 2018 digelar bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Tahukah Anda, pada penyelenggaraan tahun ini, ternyata sebagian besar juara didominasi oleh pariwisata dari sekitar pulau Sumatera. Salah satu contohnya, dari 18 kategori yang ada, tujuh diantaranya diraih oleh Provinsi Sumatera Selatan. Mulai dari kategori Wisata Halal, Promosi Pariwisata Digital Terpopuler, Kampung Adat Terpopuler, dan lain-lain. Maka tak mengherankan, pada akhirnya Provinsi yang memiliki Palembang sebagai Ibu Kota Provinsi ini di penghujung acara berhasil menyabet gelar sebagai Juara Umum.

Terlepas dari dominasi tersebut, mulai pada tahun ini pula bermunculan juara-juara pariwisata baru dari wilayah-wilayah yang sebelumnya tidak pernah muncul sebagai juara. Sebut saja seperti Bengkulu, Lampung, Sulawesi Tengah, bahkan dari Tanah Papua.

[ Baca Juga Berita Bintang : ” Promotor Pastikan Musisi Pembuka Konser Calum Scott Dari Indonesia ” ]

Pada tahun ini pula disebutkan untuk pertama kalinya digelar Anugerah Pesona Indonesia Travel Mart 2018 (API Travel Mart 2018) sebagai bagian rangkaian dari kegiatan API 2018. Kurang lebih sejauh ini sudah tercatat sekitar 77 seller yang terdiri atas pemerintah daerah dan perusahaan atau pelaku pariwisata, serta 400 buyer yang berasal dari seluruh Indonesia dan wilayah sekitarnya.

Perlu diketahui, agenda tahunan ini sendiri merupakan salah satu agenda yang memang sudah rutin didukung oleh Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, seperti yang dijelaskan oleh Masruroh, selaku Asisten Deputi Pemasaran 1 Regional 1 Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dilansir dari Judi Online.

“Acara rutin memang, kita (Kemenpar) mendukung. Begini ini sebenarnya baiknya memang dari swasta ya, karena masyarakat akan lebih percaya orang yang menilai dibanding dari kita. Namun, visi acara ini sejalan jadi apa-apa yang sudah dapat penghargaan tadi. Ya itu juga yang memang sedang dikembangkan oleh Kemenpar,” ungkap Masruroh yang ditemui Okezone, Kamis, 22 November 2018, usai gelaran acara Anugerah Pesona Indonesia 2018 di kawasan Sudirman, Jakarta.

Masruroh menambahkan, dengan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk gelaran Anugerah Pesona Indonesia Travel Mart 2018 2018, pihak Kemenpar sendiri memiliki tujuan dukungan ini pada akhirnya bisa meningkatkan grafik perjalanan wisatawan Nusantara, terutama anak-anak muda milenial yang mana sekarang mendominasi pasar pariwisata.

“Tujuannya sih semakin meningkatnya perjalanan wisnus, karena sampai saat ini orang-orang belum terlalu mengenal. Anak-anak muda itu ternyata harus anak harus lebih banyak lagi dikenalkan ke destinasi tujuan terbaru. Kenapa jadi target kita milenial ini, karena sudah jadi tren dunia. Perjalanan itu didominasi oleh anak-anak muda,” tandasnya.