free html hit counter

Berita Bintang – Movie Review: The Nun, Teror Valak di Gereja Tua

Berita BintangMovie Review: The Nun, Teror Valak di Gereja Tua

VALAK mencuri perhatian para penikmat film sejak pertama kali muncul dalam film The Conjuring 2 pada tahun 2016. Kepopuleran hantu biarawati ini bahkan sampai membuat dirinya menghiasi meme di dunia maya selama beberapa pekan.

Warner Bros pun melihat fenomena Valak ini sebagai sebuah peluang bisnis, sebuah kesempatan untuk kembali mengeruk dolar dari film layar lebarnya. Tak lama berselang, Valak mendapat kesempatan khusus untuk diangkat kisahnya dalam sebuah film berjudul The Nun.

Mengambil setting pada era 1950-an, The Nun tampil lebih tua dari dua film pendahulunya. Film garapan sutradara Corin Hardy ini sengaja difokuskan dalam membahas cerita awal mula kemunculan Valak hingga terornya sampai ke film The Conjuring.

Tanpa berlama-lama, penonton langsung dibawa masuk ke dalam sebuah gereja Katolik tua yang berada di Romania. Dua orang biarawati berjalan melewati sebuah lorong gelap yang sekelilingnya dihiasi oleh salib. Keduanya mati secara menyedihkan dengan salah satu di antaranya menggantung diri di jendela gereja. Teror Valak pun dimulai.

Kabar kematian dua biarawati itu lalu terdengar sampai ke Vatikan. Pastor Burke (Demian Bichir) dan Suster Irene (Taissa Farmiga) mendapat tugas untuk menyelidiki apa yang terjadi di gereja Romania. Keduanya diantar memasuki petualangan mistis untuk menyingkap siapa Valak dan mengapa ia bisa menebar teror di tempat suci seperti gereja.

Berbeda dengan James Wan, sutradara di balik dua film The Conjuring, Corin memiliki gaya pengambilan gambar yang lebih baik. Sinematografi dalam film The Nun bahkan bisa dibilang lebih segar jika dibandingkan dua film terdahulunya. Ruang-ruang dan beberapa sudut di dalam gereja Katolik tua sebenarnya bisa diolah menjadi adegan-adegan menyeramkan. Pun dengan beberapa lorong-lorong ruangan yang memang terlihat gelap, semuanya sangat sempurna untuk sebuah film horor.

[ Baca Juga Berita Bintang : ” Film Die Hard 6 Kantongi Judul Baru ” ]

Namun sayangnya, Corin gagal membawa penonton ke level ketakutan seperti yang terasa di dua film The Conjuring. Beberapa jumpscare yang ditampilkan nyatanya kurang efektif dalam mengagetkan penonton di dalam bioskop. Formula serupa dilakukan secara berulang kali dan menemui hasil yang sama, gagal.

Padahal The Nun termasuk dalam film yang paling dinantikan di tahun 2018. Para penikmat film sejatinya merindukan betapa kaget dan menyeramkannya saat Valak muncul di layar lebar, baik itu hanya melalui adegan ia berjalan santai, atau bahkan muncul dari balik lukisan. Potensi tersebut gagal dimunculkan kembali oleh Corin di film The Nun.

Judi Online memberikan nilai 6 untuk film The Nun. Sebagai sebuah film spin-off, The Nun memang dirancang memberikan lebih banyak dialog dan penjelasan bagaimana kisah awal mula Valak muncul. Namun dialog-dialog panjang itu tidak bisa diimbangi dengan adegan-adegan menyeramkan yang membuat penonton berteriak atau bahkan menutup matanya.