free html hit counter

Berbagi Pesan Film Zootopia Lewat Ilustrasi

BeritaBintang – Bagi yang sudah nonton film Disney terbaru, Zootopia tentu terkesan dengan beberapa tokoh di dalamnya, seperti Flash yang bisa mengocok perut, meski dengan raut muka datar, atau persahabatan tak biasa antara kelinci dan rubah, Judy dan Nick.

Kalau ditanya siapa yang tidak pernah nonton kartun produksi Walt Disney, pasti hampir seluruhnya menjawab pernah. Mereka dari kecil telah banyak menikmati karakter Disney, sebab film Disney selalu bisa membuat kagum penikmatnya, tidak hanya secara visual, musik pengiring, juga jalan cerita.

Karena hebatnya Disney, banyak orang terinspirasi dari film-film Disney. Salah satunya kartunis terkenal Indonesia, Muhammad Misrad atau Mice. Dia mengatakan bahwa Zootopia telah memberinya inspirasi untuk membuat ilustrasi Zootopia jika ada di Indonesia.

“Anak-anak saya tumbuh dengan menonton film Disney. Saya sendiri juga terinspirasi dari film-film Disney, di mana film mereka tidak hanya menghibur, namun selalu memiliki pesan moral, meski terkadang karena kelewat bagus visual yang ditampilkan, terkadang membuat orang terpukau hingga lupa menyadari pesan moral di dalamnya,” papar Mice dalam jumpa media Mice in Zootopia di kawasan Senayan, Jakarta, Senin, 29 Februari 2016.

Kartunis yang terkenal akan kritik-kritik sosial ini merasa bahwa film Zootopia juga memiliki pesan yang ingin disampaikan. Hal ini yang membuatnya terinspirasi untuk bisa membagi pesan dan kesan yang di dapatnya usai menonton film ini, melalui karya ilustrasi.

Kepala Studio Pemasaran Indonesia dari Walt Disney Indonesia, Fitra Rifai menyatakan bahagia bisa bekerja sama dengan Mice.

“Kehormatan bagi Disney bisa bekerja sama dengan Mice dan selaras dengan komitmen kami untuk mendukung kreativitas, dan memberi apresiasi pada seniman lokal, serta mengeksplorasi sudut pandang yang lebih dekat dengan penonton Indonesia,” ujarnya.

Dari lima ilustrasi karya Mice, ada satu karya yang disimpan karena kontennya sedikit sensitif. Empat ilustrasi yang telah dibuat mengangkat lima karakter Zootopia, yaitu Judy Hopps, polisi kelinci pertama di Zootopia, Nick Wilde sang rubah yang pintar bicara, Flash si kukang yang bekerja di Departemen Kendaraan Mamalia (DMW), Walikota Leodore Lionheart yang seekor singa, serta asistennya Dawn Bellwether, si domba.

Menurut Mice, film ini cukup berat jika harus dinikmati oleh anak-anak, dan lebih cocok untuk anak usia SMU hingga dewasa. Sebab, pesan yang terkandung di dalamnya terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Selain Indonesia, Disney juga merilis tiga ilustrasi resmi untuk wilayah Asia Tenggara, dengan latar belakang Malaysia, Filipina, dan Thailand.