free html hit counter

Beli Ban Mobil Jangan Cuma Asal Keren!

BeritaBintang – Sebagian besar kecelakaan diakibatkan oleh penggunaan ban yang salah.

Ban merupakan komponen penting dalam kendaraan. Sebagian besar kecelakaan, terjadi akibat penggunaan ban yang tidak sesuai dengan standar mobil.

Karena itu, pemilihan ban tidak boleh sembarangan. Ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat membeli ban seperti dikutip laman resmi Daihatsu.

Pertama adalah jenis ban. Ban terdiri dari ban radial dan ban bias. Kedua jenis ban ini memiliki perbedaan pada konstruksi benang dalam ban. Ban radial menggunakan serat baja, sedangkan bias memakai nilon yang menyilang.

Konstruksi yang berbeda membuat dampak pemakaian yang signifikan pula. Ban bias lebih banyak menapak ke bagian depan dan belakang sehingga panas terpusat di tengah.

Sedangkan ban radial menapak lebih lebar di sisi kanan dan kiri, sehingga lebih mencengkram dan panas lebih terdistribusi.

Jika ingin membeli ban, sesuaikan dengan standar pabrikan masing-masing kendaraan. Karena berat dan beban daya angkut mobil sudah diperkirakan dan diuji oleh pabrikan.

Ini berkaitan dengan kekuatan ban untuk mengangkut mobil serta perkiraan beban lainnya. Karena ban memiliki kekuatan daya angkut yang berbeda.

Perhatikan diameter pelek mobil. Jika ban tidak sesuai dengan ukuran pelek akan membuat mobil sulit berakselerasi dan lebih boros dalam konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Dalam memilih ban, selalu dahulukan keselamatan dibandingkan gaya. Banyak ban, seperti dikutip laman resmi Daihatsu, dipilih karena pertimbangan ‘keren’ atau ‘cantik’. Lebih baik pilih ban dengan alur sejalan sehingga bisa juga digunakan saat hujan.