free html hit counter

Bekuk Napoli, Nyonya Tua Rebut Pucuk Klasemen

BeritaBintang –  Juventus melakoni lanjutan pekan ke- 25 Serie A musim 2015-2016 dengan menjamu Napoli di J-Stadium, Minggu (14/2/2016) dini hari WIB. Sempat mengalami tekanan di awal laga, si Nyonya Tua sukses menyudahi laga dengan kemenangan 1-0 atas Pertenopei.

Hasil tersebut pun membawa tim arahan Massimilano Allegri sukses merebut status pemuncak klasemen sementara Serie A 2015-2016. Mereka menggeser Napoli dalam beberapa pekan sebelumnya sukses berada di posisi paling atas Serie A musim ini.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Baru lima menit paruh pertama berjalan, Napoli sudah memberikan ancaman untuk lini pertahanan Juve melalui aksi dari Kalidou Koulibaly. Akan tetapi, upaya yang dilakukan bek asal Prancis itu masih mampu dimentahkan oleh barisan belakang kubu tuan rumah.

Selang sembilan menit, Napoli kembali mendapatkan kans untuk membuka keunggulan mereka atas Juve. Memanfaatkan umpan silang dari Jose Callejon, Lorenzo Insigne coba menyambutnya dengan tandukan. Namun bola lebih dahulu sampai di kepala Leandro Bonucci dan ia membuang si kulit bundar keluar area pertahanan Juve.

Di menit 20, giliran Juve yang mendapatkan peluang pertamanya di pertandingan ini via sepakan bebas dari Paul Pogba. Sayangnya, sepakan mantan pemain Manchester United tersebut masih belum menemui sasaran dan hanya menghasilkan sepakan gawang untuk Napoli.

Hanya berjarak lima menit, upaya Juve mencari gol lebih dahulu dibanding Napoli kembali menemui kebuntuan. Kali ini giliran Juan Cuadrado yang gagal memanfaatkan kesempatan untuk membuat Jose Pepe Reina memunggut bola dari dalam gawangnya.

Gonzalo Higuain! Hampir saja membuat publik tuan rumah terdiam melalui aksinya di menit 35. Memanfaatkan umpan matang dari Callejon, eks bomber Real Madrid itu coba menyambutnya dengan sundulan. Beruntung bagi kubu tuan rumah, bola masih terlalu deras untuk digapai Higuain.

Di akhir paruh pertama, Juve kembali mendapatkan kans melalui sepakan Pogba. Namun bola hasil sepakannya itu belum membuahkan hasil untuk kubu tuan rumah. Hingga 45 menit pertama berakhir skor 0-0 menghiasi laga Juve kontra Napoli.

Babak Kedua

Intesitas jalannya laga di babak kedua sejatinya tak banyak berubah dibandingkan paruh pertama, yang mana kedua tim masih saling mengancam gawang lawannya masing-masing. Namun hingga lima menit babak kedua berlangsung belum ada gol yang dicetak baik oleh Juve mau pun Napoli.

Pada menit 62, Paulo Dybala hampir saja memberikan keunggulan untuk Juve melalui sepakan keras kaki kirinya. Akan tetapi, bola hasil sepakannya itu masih terlalu deras sehingga hanya menghasilkan tembakan gawang untuk Napoli.

Berselang sembilan menit, Napoli pun mulai kembali mengurung para pemain Juve di area pertahanan mereka sendiri. Bahkan, mereka bisa saja mencuri gol usai Callejon coba mengirimkan bola ke Higuain yang berada di pertahanan Juve. Namun bola masih mampu dihalau oleh Berzagli.

Saat pertandingan hanya menyisahkan 15 menit lagi, Juve kembali menebar ancaman kepada gawang Napoli. Sayangnya upaya mereka melalui sepakan spekulasi dari Pogba masih terlalu lemah, sehingga Reina dengan mudah mengamankan bola hasil tembakannya itu.

Pada menit 82, Napoli kembali gagal memanfaatkan peluang mereka untuk mencetak gol di laga ini via aksi dari Marek Hamsik. Melihat terdapat celah dipertahanan Juve, gelandang Timnas Slowakia itu lalu melepasakan sepakan keras. Namun bola sepakannya masih belum tepat sasaran.

Simone Zaza! Akhirnya mampu membawa Juve unggul 1-0 atas Napoli melalui golnya di menit 87. Mendapatkan operan dari Patrice Evra, mantan pemain Sassoulo itu lalu melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang gagal diamankan oleh Reina.

Tersentak dengan gol Zaza, membuat Napoli semakin giat melancarkan serangan ke gawang Juve. Namun hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya laga, skor 1-0 untuk kemenangan Juve atas Napoli tetap tak berubah.

Susunan Pemain

Juventus (4-3-1-2): Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci (Rugani 52’), Evra; Cuadrado, Marchisio, Khedira; Pogba; Dybala (Sandro 86’), Morata (Zaza 58’).

Pelatih: Massimilano Allegri

Napoli (4-3-3): Reina; Hysaj, Albiol, Koulibaly, Ghoulam; Allan (Gabbiadini 90’), Jorginho, Hamsik; Callejon, Higuain, Insigne (Martens 77’).

Pelatih: Maurizio Sarri