free html hit counter

Bantu Hibur Teman yang Lagi Sedih Bisa Berbuah Petaka

BeritaBintang – Apa yang Anda lakukan saat teman sedang bersedih? Teman yang baik pasti akan menghibur dan memberikan motivasi positif lewat kata-kata positif. Hati-hati, cara yang demikian tidak selalu memberikan hasil yang baik seperti perkiraan Anda.

Studi di University of Waterloo dan Wilfrid Laurier University menemukan menghibur teman yang sedang bersedih, bisa berbalik “petaka” untuk teman tersebut.

Ternyata, kalimat seperti, “Setelah ini, kamu akan lebih kuat dan menjadi orang yang lebih baik,” atau, “Sebenarnya ini tidak terlalu buruk,”, dapat memberikan efek negatif pada si teman yang sedang bersedih.

Menurut penelitian, meski sudah lama bersahabat, Anda tidak akan pernah benar-benar mengenal teman tersebut. Jadi, Anda tidak mengerti bagaimana persisnya karakter teman yang sesungguhnya. Apabila si teman pada dasarnya memang memiliki kepribadian yang lemah, maka motivasi dari Anda bisa membuatnya merasa semakin kecil dan tidak berarti.

Kondisi ini, kata penelitian, berkaitan dengan komparasi yang dilakukan teman yang bersedih tersebut. Mereka melihat Anda sebagai sosok yang kuat dan positif, mereka merasa bahwa diri sendiri terlalu lemah dan tidak berdaya. Alhasil, mereka pun jadi terpuruk.

Para peneliti yang terlibat menganjurkan, jika Anda ingin memberikan saran pada sahabat yang sedang merasakan kesepian dan sedih, Anda lihat dulu karakter dan kepribadian si sahabat. Apabila, dia termasuk berkepribadian lemah, Anda tidak perlu banyak memberikan anjuran, temani saja dia, tak perlu banyak berkata-kata. Sebab, cara itu, akan membuat mereka bangkit kembali karena mengetahui dia tidak sendiri di dunia ini.