free html hit counter

Banjir Bandang Tewaskan 180 Orang di India

BeritaBintang – Banjir dari hari hujan deras menewaskan setidaknya 180 orang di India.

Menurut pihak berwenang, Selasa (4/8/2015), sekitar satu juta orang mengungsi dari rumah mereka akibat banjir yang melanda hampir sepekan terakhir.

Sungai yang meluap, melanda ribuan desa di bagian Bengal Barat, serta timur laut negara bagian Manipur, di mana memutus akses jalan dan merobohkan jembatan.

Sebagian besar korban meninggal karena tenggelam, sementara setidaknya empat orang tewas akibat diterjang tanah longsor di sebuah desa terpencil di Manipur yang berbatasan Myanmar.

“Korban tewas akibat banjir di Bengal Barat naik menjadi 70 orang, dengan jalan dan peternakan di 13.200 desa masih tenggelam direndam air,” kata Menteri Manajemen Bencana India, Javed Ahmad Khan, seperti dikutip dari Channelnewsasia.com.

“Hampir 1,2 juta orang kini tinggal di 1.600 kamp bantuan yang didirikan di sekolah-sekolah dan kantor-kantor pemerintah.”

Banjir di Bengal Barat diakibatkan dari meluapnya air bendungan setelah Topan Komen melanda pantai timur di hari Jumat. “Sungai melalui 13 kabupaten. Situasinya sangat buruk,” katanya.

Lima orang tewas di Orissa dan 35 orang lainnya di negara bagian Rajasthan utara.

“Yang terburuk sudah berakhir. Sekarang kita fokus pada bantuan dan rehabilitasi masyarakat yang terkena dampak,” kata Menteri Bencana Rajasthan, Gulab Singh Kataria.

Di negara barat Gujarat, banjir telah mereda dalam beberapa hari terakhir, namun jumlah korban tewas telah mencapai 72 orang.(Channelnewsasia.com)