free html hit counter

Ban yang Direkomendasikan untuk Motor Rossi

BeritaBintangJEREZ – Melihat permukaan aspal Sirkuit Jerez, Spanyol yang relatif mulus dan karakter lintasan dengan tikungan lebar, Bridgstone merekomendasikan tiga jenis ban untuk dipakai. Salah satu produsen ban terbesar di dunia itu menganjurkan Valentino Rossi bisa menggunakan ban keras, lembut dan ekstra keras.

Manajer pengembangan Bridgstone, Shinji Aoki mengatakan, tiga jenis ban itu direkomendasikan untuk dipakai pada balapan yang digelar di Minggu 3 Mei 2015 malam WIB. “Jerez adalah trek dengan tata letak bervariasi. Sehingga kami menyediakan tiga jenis ban dengan materi karet elastis untuk ban belakang,” kata Aoki.

Kendala yang muncul diperkirakan adalah suhu lintasan yang cukup tinggi. Bridgstone pun mensiasati dengan penggunaan material kompon yang punya daya tahan agar karet tidak mudah terkikis.

“Alokasi ban untuk sirkuit ini harus punya daya tahan tinggi. Secara historis, Jerez adalah sirkuit yang cukup panas sehingga ban di sana perlu didesain untuk suhu berlebihan,” jelasnya.

Manajemen ban menjadi hal yang sangat krusial bagi pembalap. Keputusan Rossi menggunakan ban ekstra keras di GP Argentina terbukti sukses menyingkirkan Marc Marquez yang memilih menggunakan ban keras biasa.