free html hit counter

Bahaya Oli Oplosan Bagi Mesin Mobil

Berita BintangBahaya Oli Oplosan Bagi Mesin Mobil

Angka penjualan mobil yang begitu besar telah menjadikan mobil sebagai salah satu kendaraan paling laris di Indonesia. Karena alasan kenyamanan, banyak orang memilih mobil untuk bepergian atau digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Agar mobil tetap dalam kondisi prima, maka mobil perlu mendapatkan perawatan rutin. Sayangnya masih ada pemilik mobil yang tak terlalu peduli dengan kualitas perawatan yang diberikan. Dengan alasan menghemat biaya perawatan, banyak pemilik mobil yang beralih ke bengkel tak resmi terkait perawatan mobilnya, misalnya untuk penggantian oli mesin.

Perawatan yang dilakukan di luar bengkel resmi dapat menimbulkan risiko kerusakan pada mesin mobil. Bukan berarti semua bengkel yang tak resmi itu buruk, tetapi kita tentu harus lebih waspada agar tidak menyesal dimasa mendatang. Risiko mendapatkan oli palsu atau oplosan lebih tinggi jika pembelian dilakukan di luar bengkel resmi.

Oli merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi sebuah kendaraan, baik itu motor ataupun mobil. Fungsi oli adalah sebagai pelumas untuk melindungi bagian dalam mesin agar tidak aus yang disebabkan oleh proses korosi (gesekan), sehingga mesin kendaraan dapat lebih awet dan terjaga.

Oli palsu atau oplosan kualitasnya tentu tidak bisa disamakan dengan oli asli, karena fungsinya tidak maksimal dalam menjaga seluruh komponen mesin. Zat atau campuran yang tidak jelas di dalam oli oplosan dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.

[ Baca Juga – ” Honda Civic Type R 2019 Tambah Keren, Spoiler Kini Lebih Imut ” ]

Komponen mesin tidak terlumasi dengan maksimal sehingga terjadi keausan dan masa pakai komponen menjadi lebih singkat. Paling parah, mesin mobil dapat mengalami over heat dan jebol. Jika hal itu terjadi, maka pemilik harus bersiap merogoh kocek yang dalam untuk melakukan perbaikan mesin mobil. Keinginan untuk berhemat justru akan berbalik menjadi pemborosan.

Oleh sebab itu menurut Judi Bola, perawatan mobil terutama untuk penggantian pelumas atau komponen lain yang memiliki peran penting, wajib dilakukan di bengkel resmi atau terpercaya. Sehingga keaslian dan kualitas produk yang digunakan terjamin dan sesuai dengan standar yang dianjurkan oleh produsen mobil.

Soal kenyamanan dan keamanan perawatan mobil, Anda dapat mengunjungi bengkel terpercaya, seperti Shop & Drive yang merupakan bengkel resmi di bawah naungan Astra.

Shop & Drive menyediakan layanan Oil Home Delivery untuk area Jabodetabek yang dapat dipesan melalui Call Shop & Drive 15-000-15 yang melayani 24 jam. Layanan tersebut memudahkan Anda yang ingin mengganti oli dimanapun Anda berada. Selain itu, Shop & Drive juga menyediakan berbagai macam jenis oli untuk berbagai jenis kendaraan anda dan menjamin kualitas dan keaslian seluruh produk yang dijual, sehingga aman bagi kendaraan anda.