free html hit counter

Awas! Minuman Energi Bisa Meningkatkan Tekanan Darah Anda

BeritaBintangAwas! Minuman Energi Bisa Meningkatkan Tekanan Darah Anda

PUNYA kebiasaan minum minuman berenergi? Hati-hati lho, ternyata satu minuman kaleng bernergi dapat meningkatkan tekanan darah dan aktivitas kelistrikan jantung.

Badan POM Amerika Serikat menganggap, minuman berenergi dengan kadar kafein kurang dari 400 mg masih terbilang aman. Namun, lebih dari 500 jenis minuman bernergi di pasaran dapat meningkatkan aktivitias jantung dan peningkatan tekanan darah, sehingga menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Studi yang dipimpin oleh dr Emily Fletcher,dari David Grant USAF Medical Centre, mengatakan 15 persen personil militer minum tiga kaleng minuman bernergi setiap hari.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American heart Association ini melibatka 18 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama minum 32 ons minuman bernergi yang mengandung 108 gram gula, 320 mg kafein, dan berbagai senyawa lainnya. Kelompok lain diminta untuk minum minuman yang mengandung 320 ml kafein, 40 ml jus jeruk nipis, dan 140 ml sirup ceri dengan air karbonasi.

[ Baca Juga – Sibuk Siapkan Pernikahan, Jawab Ini Dulu Sebelum Booking Wedding Vendor ]

Peneliti mengukur aktivitas listrik jantung para sukarelawan dengan elektrodiagram. Mereka juga mengukur tekanan darah perifer pada satu, dua, empat, enam, dan 24 jam setelah mereka mengonsumsi minuman.

Kedua kelompok yang minum minuman bernergi dan kafein mengalami peningkatan tekanan darah sistolik. Tekanan sistolik pada kelompok hampir mirik ke pembacaan asli mereka setelah enam jam.

Dr Fletcher mengatakan, di sisi lain, mereka yang minum minuman berenergi memiliki tekanan darah sedikit lebih tinggi setelah enam jam. Ini menunjukkan, ramuan selain kafein memiliki efek tekanan darah.

Berdasarkan bukti awal, dr Fletcher menyarankan agar orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi, serta kondisi jantung lainnya, perlu menghindari minuman bernergi dan berkafein demi kesehatan tubuhnya. Demikian dilansir dari laman Express, Jumat (28/4/2017).