free html hit counter

AS Akui Belum Mampu Musnahkan ISIS di 2016

BeritaBintang –   Sejumlah koalisi dan kerja sama antarnegara sudah dibentuk. Gempuran demi gempuran pun sudah dilancarkan ke basis-basis ISIS di Suriah maupun Irak. Tapi nampaknya ISIS belum akan “ditelan bumi” dengan segera.

Baik Koalisi Rusia (Rusia-Suriah-Iran-Hezbollah), Koalisi Amerika Serikat (AS) dan negara-negara barat serta Koalisi Arab Saudi, sekiranya sudah berulang kali mengklaim bahwa serangan mereka berhasil menghancurkan sejumlah basis kelompok teroris yang juga acap disebut “Daesh” itu.

Akan tetapi, AS sendiri merasa pesimis, bahwa organisasi teroris ISIS, terutama di Suriah, belum akan bisa dibinasakan hingga setahun ke depan (pada 2016) ini.

“Daesh akan terus eksis. Anda tidak akan bisa menghancurkan Daesh dalam setahun ke depan,” terang Wakil Penasihat Keamanan Nasional AS, Ben Rhodes.

Militansi ISIS diperkirakan masih akan bertahan, setidaknya satu tahun ini, sebagaimana kelompok teroris lainnya, Al-Qaeda yang masih bisa bertahan usai digempur AS, pasca-tragedi 9/11.

“Sebagaimana halnya Al-Qaeda yang terus-menerus eksis, ISIS akan seperti itu walaupun secara signifikan pergerakan mereka terus berkurang,” tambahnya, dikutip Bioskop168 , Senin (4/1/2016).