free html hit counter

Anton Charliyan jadi Kapolda Bali, Kadiv Humas Dijabat Boy Rafli Amar

BeritaBintang – ‎Kapolda Bali Irjen Ronny F Sompie pada Senin (10/8/2015) akan dilantik menjadi Dirjen Imigrasi. Lalu siapa penggantinya sebagai Kapolda Bali?

Informasi yang dihimpun di lingkungan Mabes Polri, dalam akhir minggu ini Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti akan mengeluarkan telegram rahasia Kapolda Bali serta beberapa jenderal lainnya yang akan memasuki masa pensiun.

Menurut sumber tersebut, Kapolda Bali akan diisi oleh Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Anton Charliyan.

Sementara pengganti Anton yakni orang yang sudah lama berkecimpung di Humas Mabes Polri yakni Brigjen Boy Rafli Amar yang kini menjabat sebagai Kapolda Banten.

“Kamis malam atau jumat akan keluar Telegram Rahasia, soal Kapolda Bali. Informasinya pengganti Pak Ronny ialah Pak Anton Charliyan. Lalu pengganti Pak Anton, Pak Boy yang naik bintang dua menjadi Kadiv Humas Mabes Polri,” ucapnya, Rabu (5/8/2015) malam.

Sementara itu, Ketua Presidium IPW, Neta S Pane ketika ditanya soal Anton Charliyan yang kemungkinan menggantikan posisi Ronny, menurutnya Anton sosok yang mumpuni.

“Di Bali kan tingkat kriminalitasnya rendah, Polda Bali banyak disibukkan untuk mengamankan berbagai kegiatan atau konferensi setingkat nasional hingga internasional. Saya merasa Pak Anton cukup mumpuni,” tutur Neta.

Sementara itu, soal pengganti Anton Charliyan yakni Boy Rafli menurut Neta itu keputusan paling baik.

Pasalnya Boy dinilai memang sangat cocok ditempatkan di Humas dan dekat dengan wartawan untuk memberikan informasi mengenai Polri. “Pak Boy itu terbaik, dia ideal di Humas,” katanya.

Kalaupun benar Anton yang menjadi Kapolda Bali, Neta berpesan agar Anton meningkatkan keamanan Bali dan menjaga citra Bali pasalnya Bali merupakan jendela Indonesia.

Apabila menengok kebelakang, beberapa tahun silam di Bali pernah terjadi peristiwa bom bali. Ia berharap hal itu tidak kembali terjadi.

“‎Bali itu jendela Indonesia jadi harus benar-benar dijaga citranya. Kedepankan antisipasi jangan sampai peristiwa bom Bali terulang,” katanya.

Namun hingga kini pihak Mabes Polri belum ada yang membenarkan soal informasi tersebut. Termasuk kapan waktu serah terima jabatan juga belum diketahui.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti ketika ditemui Selasa (4/8/2015) di Hotel Borobudur mengaku sudah menyiapkan siapa pengganti Ronny menjadi Kapolda Bali.

“Sudah saya siapkan calonnya, siapa orangnya nanti saja. Lihat saja nanti saat sertijab,” tutur Badrodin.