free html hit counter

Antisipasi Rusia, Polandia Minta Kekuatan Nuklir NATO

BeritaBintang –  Polandia secara mengejutkan dilaporkan tengah meminta bantuan kepada NATO, untuk mengamankan wilayah perbatasan mereka dan memperkuat kemampuan pertahanan mereka.

Tak tanggung-tanggung, Polandia meminta NATO mengerahkan senjata nuklir mereka untuk ditempatkan di wilayah perbatasannya, sekaligus untuk mengantisipasi perkembangan militer Rusia yang semakin tak terbendung.

“Saya berpikir untuk meminta NATO agar memungkinkan senjata nuklirnya digunakan di wilayah kami,” ujar Wakil Menteri Pertahanan Polandia, Tomasz Szatkowski dalam sebuah wawancara dengan media setempat, sebagaimana dikutip Bioskop168 , Senin (7/12/2015).

Ini adalah pertama kalinya seorang pejabat tinggi Polandia membuat pernyataan mengenai keinginan mereka untuk menjadi negara yang menjadi lokasi penempatan senjata nuklir NATO.

Di antara 28 negara anggota NATO, diketahui hanya Amerika Serikat (AS), Prancis, dan Inggris yang memiliki teknologi dan kekuatan senjata nuklir. Namun, dilaporkan hanya AS-lah yang mampu menyediakan senjata nuklirnya bagi sekutu-sekutunya di NATO.

Negara-negara anggota NATO yang tidak memiliki teknologi nuklir sendiri memang dibolehkan untuk meminjam senjata nuklir dari negara anggota NATO lainnya. Selain itu, mereka juga boleh meminta bantuan kepada AS.