free html hit counter

Anda ditagih setiap kali Anda ‘ketuk-dan-bayar’

Berita BintangAnda ditagih setiap kali Anda ‘ketuk-dan-bayar’

TAPPING kartu debit Anda saat check-out sederhana, cepat, dan gratis, bukan? Salah.

Kita semua tahu bahwa membayar dengan kartu kredit dapat menarik biaya tambahan antara satu dan dua persen – kasir di toko akan memberi tahu Anda sebanyak mungkin. Tetapi menggunakan kartu debit selalu gratis. Faktanya, Survei Pembayaran Konsumen 2016 dari Reserve Bank mendapati bahwa lebih banyak orang Australia menggunakan kartu debit daripada kartu kredit untuk menghindari biaya tambahan.

Namun di era pembayaran ketuk dan bayar ini, kartu debit pun tidak gratis lagi. Ternyata tap-and-go menarik biaya tersembunyi yang tidak disadari banyak konsumen.

BISNIS MENULIS BIAYA UNTUK KONSUMEN

Pembayaran kartu tanpa kontak (seperti payWave atau payPass) membebani banyak bisnis. Asosiasi Pengecer Australia memperkirakan bank mengenakan biaya kepada bisnis sekitar $ 500 juta setiap tahun untuk memproses transaksi kartu.

“Ini telah terjadi oleh stealth dan pengecer tidak menyadari apa yang terjadi ketika mereka diminta untuk masuk dan pergi,” kata direktur eksekutif Russell Zimmerman kepada Agen Bola.

Bisnis memberikan biaya tambahan kepada konsumen baik melalui sarana transparan seperti biaya tambahan di atas transaksi kartu atau dengan meningkatkan biaya barang di seluruh toko.

Rantai supermarket ALDI ada di kamp biaya tambahan; tanda kecil di mesin debet mengungkapkan biaya 0,5 persen untuk pembayaran ketuk-dan-pergi.

“Alih-alih ALDI menggelembungkan harga di seluruh papan untuk mengkompensasi biaya penerimaan kartu kredit (seperti sebagian besar pengecer), ALDI malah memungkinkan pelanggan untuk membuat pilihan seperti metode pembayaran yang mereka sukai,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

[ Baca Juga – ” Banyak Manfaat, Yuk Ganti Kopi Dengan Matcha ” ]

TOKO BISA MENGISI BIAYA, TETAPI TIDAK BISA LABA DARI MEREKA

Menurut ketua deputi Australian Competition and Consumer Commission (ACCC), Dr Michael Schaper, bisnis memiliki hak untuk membebani konsumen dengan biaya untuk biaya ketuk-dan-pergi, tetapi mereka tidak dapat mengambil keuntungan dari biaya tersebut.

“Ini bisa menjadi sedikit jebakan di sini untuk konsumen dan untuk bisnis,” katanya.

“Bagi konsumen, itu untuk memastikan mereka mengetahui biaya dan untuk bisnis yang harus diingat mereka tidak dapat mengenakan biaya lebih besar daripada biaya.”

Jika bisnis mengenakan biaya tetap untuk transaksi kartu, mereka bisa melanggar hukum.

“Hampir semua dari kita pernah melihat pengecer mengatakan jika Anda ingin menggunakan eftpos, kartu kredit atau debit, ada tambahan biaya 20, 30, atau 50 sen.

“Dalam banyak kasus [biaya] terlalu berlebihan, jadi mereka menjalankan sedikit risiko di sana.”

BAGAIMANA ANDA MENGHINDARI BIAYA?

Ada dua cara untuk memastikan Anda tidak membayar biaya tambahan untuk menggunakan kartu. Anda dapat kembali menggesek dan meninju PIN Anda, atau Anda dapat menghindari menggunakan kartu sama sekali. Kunjungi ATM dan lakukan belanja Anda dengan uang tunai, tetapi pastikan bank Anda tidak mengenakan biaya untuk menggunakan ATM bank lain … yang merupakan keseluruhan biaya tambahan lainnya.