free html hit counter

Aliansi Nissan Berambisi Kalahkan VW & Toyota Tahun Ini

BeritaBintangAliansi Nissan Berambisi Kalahkan VW & Toyota Tahun Ini

Data perusahaan riset pasar JATO Dynamic mengungkap, selama periode Januari-April 2017, Volkswagen Group telah menjual 3,32 juta kendaraan di seluruh dunia. Angka itu menempatkannya sebagai perusahaan automotif terlaris di dunia.

Di tempat kedua diisi oleh Toyota dengan penjualan 3,06 juta unit, lalu di disusul aliansi Nissan-Renault yang menjual 3,02 juta unit.

Seperti diketahui, VW memiliki beberapa merek seperti Audi, Skoda, SEAT, Porsche, Bugatti, dan Lamborghini. Sedangkan Toyota memiliki Daihatsu, Lexus, dan Hino.

Meski data ini tidak bisa dijadikan acuan hingga akhir tahun, namun bos Renault-Nissan, Carlos Ghosn, yakin pihaknya bisa menyusul perolehan penjualan Toyota dan VW. Jika dilihat di data, selisih penjualan antara aliansi Nissan dengan VW Group mencapai 300 ribu unit. Tampaknya Ghosn yakin mampu mencapainya.

“Kita sudah berada di jajaran perusahaan automotif terbesar ketiga dalam penjualan sejak Januari. Kami berharap bisa menduduki posisi teratas di sisa tahun ini, meskipun itu bukan tujuan kita,” kata Ghosn, saat berbicara di rapat tahunan pemegang saham Renault pada pekan lalu.

{ Baca Juga, ” Mudik Lewat Pantura, Coba Melipir Dulu ke 3 Destinasi di Indramayu Ini ” }

Sementara itu, analis dari JATO Dynamic, Felipe Munoz, merasa yakin penjualan Nissan dan aliansinya akan terus tumbuh hingga akhir tahun. Namun ia menyangsikan Nissan akan mampu menduduki posisi teratas sampai akhir tahun.

Berdasarkan data penjualan Januari-April, penjualan Nissan-Renault naik 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara Toyota mengalami kenaikan 6 persen, sedangkan VW turun tipis 1 persen.

Jika diperinci lagi, merek mobil mewah Nissan, Infiniti, mengalami kenaikan penjualan global sebesar 24 persen. Lalu disusul merek Renault yang membukukan kenaikan 10 persen.

Sementara itu pendatang baru di aliansi ini, Mitsubishi, mencatat kenaikan penjualan 5 persen. Mitsubishi akan menjadi andalan bagi aliansi untuk meningkatkan penjualan di akhir tahun.

Aliansi juga masih mengandalkan mobil jenis SUV untuk mendongkrak penjualan. Produk-produk dari aliansi kini menguasai 12 persen pangsa pasar mobil SUV di dunia. Aliansi juga memiliki SUV terlaris di dunia, termasuk model Nissan X-Trail. Selain itu Dacia Duster dan Renault Kwid juga menjadi andalan penjualan aliansi.