free html hit counter

Ada Personel Polisi Lakukan Pungli dan Gunakan Sabu, DPR: Divpropam Polri Harus Rutin Cek Lapangan!

BeritaBintang –  Ada Personel Polisi Lakukan Pungli dan Gunakan Sabu, DPR: Divpropam Polri Harus Rutin Cek Lapangan!

Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu meminta kepada petugas Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Mabes Polri tak pandang bulu dalam mengusut kasus aparat kepolisian yang melakukan menggelar razia gelap dan pungutan liar (pungli) di pintu keluar Tol Semanggi, Jakarta Selatan. Sebab, itu merupakan contoh yang tidak baik dimana seorang penegak hukum malahan melanggar hukum itu sendiri.

Masinton menuturkan, dalam kasus itu tak hanya diduga melakukan pungli kepada masyarakat, namun ada juga personel kepolisian yang terbukti menggunakan narkoba jenis sabu. Menurutnya, itu sungguh mencoreng nama baik jajaran Korps Bhayangkara tersebut. Karena, mereka seperti musuh dalam selimut, dimana Kapolri Jenderal Tito Karnavian sedang gencar – gencarnya memberantas barang haram itu, tapi anak buahnya terlibat sebagai penggunanya.

“Yaitu kan di aturan internal kepolisian sudah ada berkaitan dengan etik dan disiplin. Baik itu anggota kepolisian dalam melansanakan tugas maupun sanksi terhadap petugas yang melanggar kedisiplinan dari Kapolri terhdap sanksi hukum kepada anggota yang melakukan pelanggaran,” ujarnya kepada Poker Online, Minggu (27/8/2017).

[Baca Juga -“Dirjen Hubla Tinggal di Rumah Sederhana, Uang Rp 20,7 M Buat Apa?“]

Politikus PDI Perjuangan itu mengimbau kepada pimpinan dari masing – masing divisi kepolisian untuk sering melakukan pembinaan terhadap anggotanya agar kejadian serupa tak terulang. Tak hanya itu, ia juga menyarankan pengawasan di dalam internal juga harus dilaksanakan terus menerus. Karena ia melihat masih banyak oknum polisi yang nakal dan menanggap dirinya bakal kebal hukum.

“Pertama tinggal mematuhi aturan yang sudah ada. Kemudian pembinaan di internal terhadap kepolisian yang melaksanakan tugas. Propam polri untuk melakukan razia untuk memonitor di lapangan harus dilakukan berlanjut,” pungkasnya.

Sebelumnya, petugas Biro Provost Divisi Propam Mabes Polri mengamankan enam anggota Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya saat tertangkap melalukan pungli terhadap pengendara di Semanggi, Jakarta Selatan pada Selasa 22 Agustus lalu.

Para petugas itu yakni Brigadir Reza Fachlevi, Briptu Michael Timbul Parasian Simbolon, Bripda Afrian Pitang, Brigadir Didik Filianto, Brigadir Hotma Pebrianto Sianturi dan satu orang yang belum diketahui identitasnya.

Salah satu dari oknum anggota diketahui menyimpang dan mengonsumsi narkoba jenis sabu-sabu, serta menyita senjata api tanpa izin.