free html hit counter

Ada Keterkaitan Antara Kelompok Santoso dengan Abu Sayyaf

BeritaBintang – Pengamat intelijen Wawan Purwanto menilai pelaku penyanderaan terhadap WNI di Filipina, Abu Sayyaf mempunyai hubungan dengan pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Santoso yang tertembak mati dalam operasi Tinombala, Poso, Sulawesi Tengah.

Menurut Wawan, Abu Sayyaf sering mengajak Santoso dan anak buahnya untuk bergabung menjalankan gerakan khilafah di Filipina dan Indonesia. Tidak tertutup kemungkinan, komunikasi itu dilanjutkan oleh anak buah Santoso yang masih belum tertangkap.

“Memang mereka menganggap seperti kolaborator, bahkan mereka mengajak dari pada jauh-jauh ke Suriah mending ikut kelompok Abu Sayyaf sama-sama menegakkan khilafah,” ungkap Wawan saat dihubungi Agen Judi Bola, Selasa (04/10/2016).

Meski demikian, Wawan menyampaikan aksi kelompok Abu Sayyaf tidak bisa sepenuhnya dicurigai sebagai aksi balas dendam atas kematian Santoso, melainkan lebih kepada motif uang untuk membiayai gerakan mereka.

“Kalau motifnya lebih ke uang, karena mereka ini kehilangan pasokan selama ini, sehingga perlu ada pasokan logistik untuk biaya pergerakan mereka, energi makanan, dan biaya komunikasi,” pungkas Wawan