free html hit counter

9 Fakta Unik Sperma yang Mengejutkan

BeritaBintang –   HAMPIR semua orang dewasa mengetahui peran sperma terhadap proses pembuahan atau wanita menjadi hamil. Namun, ada sejumlah fakta unik lain dari sperma yang jarang orang ketahui.

Namun, setelah mengetahui fakta-fakta unik dari sperma tentu Anda akan terkejut. Berikut 9 fakta unik sperma yang mengejutkan seperti dilansir BintangBola.Co, Sabtu (11/6/2016)

Fakta 1

Dalam setiap mili meter ejakulasi, hampir 20-100.000.000 sel sperma yang hadir. Seorang pria yang sehat bisa menghasilkan seira 1 sampai 5 ml air manis di setiap ejakulasi.

Fakta 2

Kepala sel sperma membawa materi genetik, bagian tengah membawa mitokondria yang mendongkrak kekuatan ekor, sehingga membantu proses berenang.

Fakta 3

Ukuran sel sperma adalah sekira 50 mikrometer, yaitu sekira 0,05 milimeter. Oleh karena itu, mata telanjang tidak bisa melihat sel kecil.

Fakta 4

Sel telur manusia bisa dilihat dengan mata telanjang, karena 30 kali lebih besar dibandingkan dengan sel sperma.

Fakta 5

Sperma bisa mendeteksi zat-zat tertentu yang diproduksi oleh sel telur. Oleh karena itu, sperma menemukan lokasi sel telur dan berenang menuju ke arah sana.

Fakta 6

Sel sperma ini bisa berenang dengan jarak 0,2 meter dalam rentang satu jam. Sel sperma yang berenang paling cepat akan ‘memenangkan’ hati sel telur.

Fakta 7

Sel sperma akan mati dalam beberapa jam setelah keluar dari tubuh manusia. Tapi, di dalam tubuh wanita, sel sperma bisa bertahan selama 3-5 hari.

Fakta 8

Apakah jumlah sperma menurun di era modern ini? Nah, ada pertentangan pendapat tentang hal ini, karena beberapa penelitian menyebutkan bahwa sel sperma telah menurun drastis pada pria saat ini. Sedangkan, beberapa studi menyatakan bahwa jumlah sperma cenderung stabil.

Fakta 9

Setelah ejakulasi, sel sperma yang tidak keluar saat ejakulasi, umumnya diserap kembali ke dalam tubuh laki-laki.