free html hit counter

5 Film Xtra Wajib Tonton di Europe on Screen 2016

BeritaBintang –  Festival film Europe on Screen (EoS) kembali digelar tanggal 29 April sampai 8 Mei 2016. Tahun ini, perhelatan tersebut menampilkan 78 film-film terbaik asal Eropa, yang dibagi menjadi enam kategori utama, yakni Xtra, Discovery, Docu, Retro/Focus, Family, dan Open Air.

Dalam kategori Xtra, telah terpilih 14 film telah menjadi juara atau masuk nominasi beberapa festival film dunia, menampilkan aktor dan sutradara terkenal, dan merupakan film-film besar dengan nilai produksi tinggi.

Bintangbola.co telah merangkum 5 film dari kategori Xtra yang wajib ditonton di Europe on Screen 2016.

1. 45 Years

Film 45 Years merupakan salah satu film papan atas dari perfilman Inggris. Charlotte Rampling, sebagai pemeran utama, bahkan mendapat nominasi Aktris Terbaik dalam Oscars 2016.

45 Years bercerita tentang Kate Mercer (Charlote Rampling) berencana merayakan ulang tahun pernikahannya yang ke-45 dengan Geoff Mercer (Tom Courtnay). Namun rencana itu terganggu oleh beberapa berita yang meresahkan.

Selain mengantar nama Charlotte Rampling masuk nominasi Aktris Terbaik Oscar, film ini juga meraih penghargaan Silver Bear, Aktor dan Aktris Terbaik dalam Berlinale Film Festival 2016 serta Aktris Terbaik dalam European Film Award 2015.

2. Force Majeure

Force Majeure adalah film jagoan dari Swedia. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang sedang bermain ski di Alpen Perancis. Saat sedang makan siang, tiba-tiba mereka melihat longsor salju yang membuat orang-orang panik berlarian ke segala arah. Ebba (Lisa Loven Kongsli) bergegas mengumpulkan semua anggota keluarganya, sementara sang suami Thomas (Johannes Kuhnke) telah melarikan diri terlebih dahulu.

Pada akhirnya, bencana longsor tidak terjadi, namun keputusan Thomas melarikan diri mengakibatkan posisinya sebagai kepala keluarga sedikit terguncang. Lantas apa yang akan terjadi selanjutnya? Saksikan film yang menjadi pemenang dalam Festival Film Cannes 2014 dan berbagai penghargaan di Guldbagge Awards 2015 ini hanya di Europe on Screen 2016.

3. Tale of Tales

Tale of Tales adalah salah satu film yang menampilkan nama-nama besar, seperti Salma Hayek, Vincent Cassel, Toby Jones, dan John C. Reilly.

Film ini berkisah tentang tiga kerajaan yang masing-masing raja dan ratunya memiliki kelainan. Salah satu raja menjadi penikmat seks bebas, satu raja lainnya terpikat dengan hewan ajaib, sementara satu ratu terobsesi untuk memperoleh keturunan. Film asal Italia ini terinspirasi oleh dongeng dari Giambattista Basile.

4. In Order of Disappearance

Norwegia memiliki sebuah film yang wajib ditonton dalam acara Europe on Screen 2016. Film berjudul In Order of Disappearance (Kraftidioten) ini menyuguhkan aksi laga memukau dengan balutan komedi.

Bercerita tentang perjalanan seorang pengemudi kendaraan penyapu salju di pegunungan terpencil Norwegia bernama Nils (Stellan Skarsgard) yang menyelidiki kematian anaknya.

Dalam pencariannya itu, ia malah terseret ke tengah perang narkoba antara mafia Norwegia dan Serbia. Mampukah Nils membalaskan dendam kematian anaknya di tengah panasnya peperangan dua mafia narkoba tersebut?

Film ini dijadwalkan tayang di Institut Francais Indonesia pada tanggal 1 Mei 2016 dan di Erasmus Huis pada tanggal 7 Mei 2016.

5. Youth

Youth atau dalam bahasa Italia berjudul La giovinezza merupakan film yang kaya akan penghargaan. Dalam Europe Film Awards 2015, film ini sukses memborong tiga penghargaan penting, yakni Film Terbaik, Aktor Terbaik, dan Sutradara Terbaik.

Kisah yang diangkat dalam film ini terbilang cukup ringan dan santai. Menceritakan tentang persahabatan Fred (Michael Caine) dan Mick (Harvey Keitel) yang hampir berusia 80 tahun sedang menikmati liburan di hotel indah yang terletak di kaki pegunungan Alpen.

Mick, seorang sutradara, tengah menyelesaikan skenario film terakhirnya yang sangat penting. Sedangkan Fred, seorang pensiunan komponis dan konduktor, yang sudah tidak berniat untuk kembali menekuni kariernya di dunia musik tiba-tiba diminta oleh Ratu Elizabeth II untuk tampil dalam acara ulang tahun Pangeran Philip.