free html hit counter

4 Lokasi Surfing Favorit di Pangandaran

Berita Bintang4 Lokasi Surfing Favorit di Pangandaran

Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, tak hanya dikenal dengan objek wisata pantai yang menawarkan keindahan alamnya semata, tetapi bagi penghobi selancar atau surfing bisa mencoba tantangan ganasnya ombak pantai tersebut.

Namun, meski ombaknya menantang, medan lautnya tidak berbahaya karena beberapa lokasi pantai yang sering digunakan berenang maupun surfing, posisinya berada di sebuah teluk yang menjolok.

Dengan begitu, ombaknya pun tidak seganas di kawasan pantai yang berhadapan langsung dengan laut lepas. Makanya tak heran apabila kejuaraan surfing baik tingkat nasional maupun internasional digelar di Pangandaran.

Ada empat pantai di wilayah Kabupaten Pangandaran, yang sering digunakan bermain surfing, yaitu Pantai Batukaras, Pantai Bulaksetra, Pantai Madasari dan Pantai Barat Pangandaran. Apabila anda ingin mencoba bermain surfing di Pangandaran, tak usah khawatir soal hotel atau penginapan. Karena sebagai salah satu kawasan wisata termaju di Jawa Barat ini, sudah banyak hotel dan penginapan yang nyaman dan megah berdiri di Pangandaran.

Berikut ini, kami ulas satu persatu pantai di wilayah Kabupaten Pangandaran yang dikenal sebagai tempat favorit area surfing:

Pantai Batukaras Pangandaran
Pantai ini terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangadaran. Apabila dari kawasan objek wisata pantai Pangandaran butuh waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan untuk sampai ke Pantai Batukaras. Posisi pantai Batukaras berdekatan dengan objek wisata sungai Green Canyon Pangandaran.

Pantai Batukaras dikenal aman untuk berenang maupun surfing. Karena pantai ini memiliki teluk kecil yang fungsinya menahan ombak agar tidak terlalu liar saat menuju pantai. Bahkan, dalam sepanjang sejarah, belum pernah ada wisatawan yang berenang maupun surfing terseret ombak hingga tenggelam di pantai Batukaras.

Terdapat dua lokasi yang sering digunakan sebagai tempat surfing di kawasan pantai Batukaras, yakni blok Pantai Legok Pari dan blok Pantai Karang. Dua blok pantai itu hanya terhalang teluk kecil dan menjadi tempat favorit surfing bagi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara.

Bagi Anda yang ingin belajar bermain surfing, sangat cocok apabila pantai Batukaras dipilih sebagai tempat latihan. Karena, pantai ini dihapit oleh teluk kecil, sehingga gelombang ombak yang menerjang ke pantai tidak terlalu liar. Di pantai ini pun belum ada kejadian wisatawan yang terseret ombak hingga tenggelam.

Selain itu, di pantai Batukaras pun terdapat komunitas penghobi surfing. Apabila Anda ingin dipandu berlatih surfing, bisa menghubungi komunitas tersebut. Warga di sekitar pantai Batukaras juga sudah terbiasa dengan permainan surfing. Tak hanya usia dewasa saja, tetapi usai anak-anak pun tak sedikit yang sudah mahir memainkan papan selancar di atas gelombang ombak.

Soal fasilitas hotel untuk menginap, jangan khawatir apabila berkunjung ke Pantai Batukaras. Bahkan, tak hanya hotel saja, tetapi disana pun terdapat banyak Villa yang bisa membuat Anda nyaman berlibur bersama keluarga.

Sebut saja Java Cove Beach Hotel, Sunrise Resort, Shane Josa Resort, Teratai Hotel, Pondok Putri Hotel, Ragha Homestay, Amazon Bungalow & Cottage, HR Homestay, Ciburial Resort dan banyak lagi hotel yang nyaman di kawasan pantai Batukaras dilansir dari Agen Bola.

[ Baca Juga – ” Kebiasaan Berlibur Orang Indonesia, Murah Hingga Booking Mepet ” ]

Objek Wisata Pantai Bulaksetra
Pantai ini terletak di Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran atau tepatnya berada di pantai timur Pangandaran yang berdekatan dengan pelabuhan nelayan Cikidang. Pantai ini dipilih sebagai tempat surfing, karena terdapat break water (pemecah gelombang) sehingga gelombang ombak meliuk beraturan dan tidak terlalu liar.

Para peselancar pemula cocok berlatih surfing di pantai ini. Karena dengan ombak yang tidak terlalu liar, tidak terlalu beresiko tinggi mengalami kecelakaan atau tenggelam akibat terseret gelombang ombak.

Pantai inipun lokasinya strategis atau berada di kawasan objek wisata Pantai Pangandaran. Sehingga para peselancar tidak perlu repot-repot menempuh perjalanan yang cukup lama. Selain itu, berada di pantai ini pun bisa sambil berwisata bersama keluarga. Karena pantai ini berdekatan dengan hutan mangrove, cagar alam dan pantai barat Pangandaran yang menjadi pusat keramaian di kawasan objek wisata.

Mengenai hotel untuk menginap, tentunya tak perlu khawatir. Karena lokasi surfing berdekatan dengan kawasan hotel dan penginapan yang berderet di sepanjang area pantai timur Pangandaran. Seperti Sun In Hotel, Sunrise Beach Hotel, Rose In Hotel, Pantai Indah Resort, Yokima Beach Hotel, Pamordian Hotel, Crown Hotel, Setia Hotel, Bright Hotel, Penginapan Adem Ayem, SBC Hotel, Pondok Adens 1 dan banyak lagi hotel dan penginapan yang nyaman di pantai timur Pangandaran.

Sejuta Keindahan Pantai Madasari
Pantai ini terletak di Desa Madasari, Kecamatan Cimarak, Kabupaten Pangandaran atau berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pantai Pangandaran. Apabila menggunakan kendaraan dari pantai Pangandaran menuju pantai Madasari, bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih sekitar 1 jam. Pantai ini berada di ujung barat Kabupaten Pangandaran atau sudah berdekatan dengan perbatasan Kabupaten Tasikmalaya.

Pantai Madasari sudah lama ditetapkan sebagai kawasan objek wisata. Namun begitu, di pantai ini tidak boleh ada aktivitas berenang. Karena pantai ini langsung berhadapan dengan laut lepas dan tidak dilindungi oleh teluk.

Aktivitas wisata di pantai ini hanya untuk sekedar menikmati pemandangan alam yang eksotis serta terdapat batu unik berukuran besar yang menjadi ikon pantai Madasari. Selain itu, kita juga bisa menikmati pemandangan laut yang dimana terdapat pulau-pulau kecil yang terletak beberapa mil dari bibir pantai.

Meski ombaknya tergolong liar dan tidak beraturan, namun pantai ini sudah mulai digunakan sebagai tempat bermain surfing. Namun, tidak boleh asal orang bermain surfing di pantai ini. Harus dipastikan orang yang sudah mahir dan sudah terbiasa berselancar di ombak liar yang cukup ganas.

Bagi peselancar pemula, jangan coba-coba bermain surfing di pantai ini. Apabila kurang piawai dan belum terbiasa menghadapi ombak dari laut lepas, bisa berisiko terseret ombak dan tenggelam. Kecuali apabila didampingi oleh peselancar profesional. Itu pun harus dibantu dengan alat keselamatan pelampung.

Di pantai Madasari, pernah digelar kejuaraan surfing yang bertema “Rip Curl Gromsearch Seri 2” yang digelar pada tahun 2016 lalu. Event surfing ini pertama kali digelar di pantai Madasari. Selain untuk mempromosikan wisata pantai Madasari, event ini digelar bertujuan untuk mengenalkan bahwa pantai ini cocok untuk arena surfing professional.

Pantai Madasari dinyatakan layak sebagai tempat kejuaraan surfing, tampaknya sudah mendapat survey sekaligus persetujuan dari pihak Asian Surfing Championship. Pantai inipun pertama kali diperkenalkan sebagai lokasi surfing oleh komunitas peselancar Batukaras Surf Club.
Namun, meski sudah ditetapkan sebagai kawasan wisata, di Pantai Madasari belum tersentuh infrastruktur pariwisata yang layak dan memadai, seperti belum adanya fasilitas hotel, penginapan, rumah makan maupun tempat hiburan.

Apabila anda bermain surfing di Pantai Madasari, lebih baik menginap di hotel atau penginapan yang berada di kawasan objek wisata pantai Batukaras. Untuk menuju pantai Batukaras dari pantai Madasari dengan menggunakan kendaraan, hanya ditempuh dengan waktu kurang lebih sekitar 15 menit.

Pantai Barat Pangandaran

Pantai ini berada di pusat keramaian atau simpul utama di kawasan objek wisata pantai Pangandaran. Di pantai barat ini, terdapat dua lokasi surfing, yakni di blok pantai Batu Mandi dan di blok pantai yang biasa disebut Beach Street atau sekitar 100 meter dari Taman Boulevart Pangandaran.

Blok pantai Beach Street merupakan lokasi pertama di Pangandaran yang  dipergunakan sebagai arena surfing. Maka jangan heran apabila berkunjung ke blok pantai ini banyak peselancar berkumpul dan berlatih. Di blok pantai ini pun sering digunakan sebagai tempat kejuaran surfing tingkat nasional maupun internasional. Kawasan pantai ini sudah ditetapkan sebagai area khusus untuk bermain surfing.