free html hit counter

BeritaBintangSEBUAH hasil survei yang dilakukan Unit Intelijen Ekonomi memberikan ranking untuk 133 kota mencatat Singapura sebagai kota yang memiliki biaya hidup dan transportasi paling mahal di dunia.

Pada survei tahun ini, peringkat New York dan Los Angeles mengalami kenaikan. Sementara London juga masuk 10 urutan kota paling mahal. Meski demikian, kota-kota tersebut belum bisa mengalahkan Singapura sebagai kota paling mahal di dunia.

Perbedaaan poin antara Singapura dan dua kota di bawahnya juga tidak terpaut jauh.  Zurich dan Hong Kong “bersaing” menduduki peringkat dua.

Hong Kong sendiri mengalami kenaikan peringkat secara drastis. Mereka melonjak ke tujuh tingkat dalam 12 bulan terakhir.

London, New York, dan Los Angeles naik ke urutan enam, tujuh, dan delapan. Tahun ini, New York berada di posisi tertingginya sejak 2002.

Survei tersebut juga mencatat biaya transportasi di Singapura 2,7 kali lebih tinggi dari New York. Meski demikian, dalam hal kebutuhan pokok, Singapura adalah negara yang lebih murah dibanding negara Asian lainnya seperti Seoul (33 persen lebih mahal), Hong Kong (28 persen), dan Tokyo (26 persen).

Berikut ini hasil survei 10 kota termahal di dunia pada 2016, sebagaimana dikutip dari CNN, Jumat (11/3/2016):

  1. Singapura
  2. Zurich
  3. Hong Kong
  4. Heneva
  5. Paris
  6. London
  7. New York
  8. Copenhagen
  9. Seoul
  10.  Los Angeles