free html hit counter

11 Orang Tewas Berdesakan di Kuil Dewa Siwa, Doeghar

BeritaBintang – Ramainya kegiatan di kuil Dewa Siwa, Doeghar, India, membuat 11 orang tewas dan lebih dari 50 orang cedera akibat terinjak dan berdesakan.

Terjadi Senin (10/8/2015) dini hari, pukul 4.30 waktu setempat, insiden ini buah dari ratusan ribu orang yang mengantri tiba-tiba rusuh dan berdesakan untuk memberikan air suci pada Dewa Siwa.

Menurut The Hindu, sebagian dari korban cedera yang berhasil dievakuasi sudah dibawa ke rumah sakit setempat, namun bukan berarti korban tewas dan cedera tak bisa bertambah lagi.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari raya Shrawani Mela, di mana ritual kepercayaan yang biasa dilakukan di India adalah memberikan air Sungai Gangga ke Dewa Siwa.

Ritual ini diikuti oleh berbagai pengikut, termasuk dari Uttar Pradesh dan Nepal.
Kepolisian mengatakan antrian ritual ini mencapai 15 kilometer dari kuil, padahal sudah dipecah menjadi dua baris. Dalam kuil saja, 80 ribu orang sudah mengantri.

“Persiapan memang sudah dilakukan untuk menghadapi pengikut yang berjumlah banyak ini. Insiden itu adalah kecelakaan saja,” kata deputi inspektur jenderal kepolisian setempat, DB Sharma.

Sebelumnya, ritual serupa juga pernah membawa naas, menewaskan lima wanita dan melukai 11 orang akibat terinjak dan berdesakan di kuil Baba Baidyanath, 2007 lalu