free html hit counter

10 Fakta Menakjubkan tentang Benua Antartika

BeritaBintang –   Selama ini banyak yang mengira Benua Antartika adalah tempat yang hanya dipenuhi salju. Padahal, banyak fakta menarik dan menakjubkan tentang Benua Antartika yang belum diketahui.

Sebagaimana dikutip dari Best Picture, Kamis (10/3/2016), Antartika adalah benua yang memiliki tempat paling tinggi, kering, berangin, kosong, dan sangat dingin di muka dunia. Kali ini, BintangBoLa akan merangkum 10 fakta unik mengenai  Benua Antartika, yaitu:

1. Anda tidak akan pernah bisa bekerja di Antartika tanpa menanggalkan gigi bungsu serta usus buntu. Walaupun gigi dan usus Anda sehat, lebih baik pembaca tetap harus mengoperasinya terlebih dahulu sebelum masuk Antartika. Karena di wilayah ini tidak ada dokter bedah ataupun tempat untuk menjalankan prosedur operasi.

2. Fakta menyebutkan bahwa Antartika adalah tempat paling kering di dunia. Itulah sebabnya ada satu wilayah disana yang disebut dengan Lembah Kering (Dry Valleys).

3. Sebagaimana negara lain seperti Australia (.au) dan Jerman (.de) hingga Indonesia (.co.id), Benua Antartika ternyata juga memiliki domain internet sendiri yaitu yang dibelakang laman webnya tertulis .aq.

4. Pada 53 juta tahun lalu ternyata Antartika memiliki suhu yang sangat hangat bahkan hingga pohon palem dapat tumbuh di sepanjang pantainya. Percaya atau tidak ketika itu suhu udara di sana berada di atas 20 Celsius.

5. Grup musik ternama Metalica ternyata pernah mengadakan konser di Antartika yang disebut ‘Freeze Em All (bekukan mereka semua)’. Konser ini menjadikan mereka sebagai grup musik pertama yang pernah menggelar konser di seluruh benua. Sebagai info tambahan bagi para pembaca, grup band Metallica tercatat pernah melakukan konser ke seluruh benua hanya dalam satu tahun.

6. Dahulu di Antartika terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang bernama McMurdo. PLTN ini dijalankan oleh Amerika Serikat sejak 1962 hingga 1972.

7. Ternyata di Antartika ada tim Pemadam Kebakaran. Sebagaimana disebutkan tadi mengenai adanya PLTN di Antartika, PLTN McMurdo mempekerjakan orang-orang professional yang bekerja di Unit Pemadam Kebakaran disana.

8. Meski memiliki suhu ekstrem, di Antartika terdapat 1.150 spesies  jamur berbeda.

9. Antartika berisi setiap zona waktu yang ada di bumi karena semua garis bujur yang digunakan untuk menentukan zona waktu bertemu di kedua kutub.

10. Meskipun selama ini wilayah yang turun salju identik dengan beruang kutub, fakta menemukan bahwa di Antartika tidak memiliki satu ekorpun beruang kutub yang hidup. Jika Anda ingin melihat beruang kutub, maka dapat menemukannya di wilayah Arktik atau Kanada.